Cara Membuka Keyboard Laptop HP

Cara Membuka Keyboard Laptop HP dengan Mudah

Saat ini, laptop menjadi perangkat penting yang dibutuhkan hampir seluruh kalangan masyarakat. Pelajar hingga pekerja, menggunakan laptop sebagai media dengan semua kebutuhannya. Bisa dibilang, laptop menjadi kebutuhan primer bagi generasi millennial. Meski tak jarang beberapa kerusakan terjadi baik pada software maupun hardware laptop. Keyboard sebagai komponen penting misalnya, berpotensi rusak sehingga harus dibongkar. Bagi pengguna laptop HP, cara membuka keyboard laptop HP tak bisa sembarangan.

Keyboard sendiri merupakan perangkat yang rentan rusak karena sering digunakan, terlebih dengan waktu penggunaan yang tinggi pula. Ada beberapa penyebab kenapa keyboard bisa mengalami kerusakan. Sebut saja bermain game atau karena faktor usia yang semestinya diganti.

Kelebihan Laptop HP

Sebelum membahas lebih jauh perihal cara membuka keyboard laptop HP, ada baiknya Anda memahami dulu kelebihan dari merek alat teknologi dari HP ini.

Bagi pengguna merek HP, pasti sudah tau banyak kenapa merek ini selalu laku di pasaran. Karena kualitasnya, produk HP selalu punya tempat di pasaran dan cenderung stabil dalam hal penjualan. Kelebihan HP salah satunya terletak pada konstruksi yang kuat jika dibandingkan dengan merek lainnya.

Performa ini tentu menguntungkan, lantaran cukup aman terutama bagi para pengguna yang bekerja secara mobile. Tak cuma menawarkan kekuatan dan ketahanan, HP juga unggul dalam hal durability. Maka tak heran jika rata-rata laptop HP punya daya tahan yang baik.

Di sisi lain, kualitas baterai yang dimiliki HP, beberapa bisa bertahan hingga 12 jam. Bisa dikata, konstruksi dan ketahanannya yang paling unggul di pasar. Dengan kualitas yang demikian, HP juga dibanderol dengan harga rata-rata yang masih masuk akal.

Cara Membuka Keyboard Laptop HP

Biasanya, satu kerusakan tombol keyboard akan berdampak dan menyebar ke tombol lainnya. Jika rusak, tentu fungsi utama dari laptop akan hilang dan tak bisa digunakan sama sekali.

Jika Anda memiliki keyboard dengan model lawas, beberapa tipe punya struktur yang sama sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pembongkaran meski dengan tipe yang berbeda.

Sementara itu, harga keyboard di pasaran bervariasi tergantung komponen serta daya tahannya. Di sisi lain, untuk service keyboard akan dikenakan biaya yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat lainnya.

Baca juga:  Bagaimana Perbandingan Prosesor Amd dan Intel untuk Laptop

Untuk mengantisipasi hal demikian terjadi, Anda bisa mencoba membongkarnya secara pribadi jika kemungkinan kerusakan kecil. Minimal, Anda membuka langsung dan melihat kondisinya sendiri sebelum memastikan service atau mengganti secara keseluruhan.

Langkah ini tentu akan meminimalkan biaya yang dikenakan nantinya. Oleh sebab itu, artikel dari TeknoNI ini akan memandu dan membantu Anda untuk membongkar keyboard laptop, terkhusus HP. Hal ini karena setiap merek laptop punya casing serta tipe yang berbeda satu sama lain.

Terdapat dua cara dalam proses membuka laptop, yang tergantung dari jenis laptop itu sendiri. Anda tentu hanya perlu menyesuaikan dengan tipenya.

Lepas dari Atas

Untuk tipe yang pertama, Anda hanya cukup melepaskan keyboard dari atas secara perlahan. Umumnya, keyboard jenis ini hanya dihalangi oleh pembatas sehingga untuk membukanya tidak terlalu rumit.

Pada tipe ini, Anda juga tak perlu membongkar secara keseluruhan untuk melepas keyboard. Umumnya, laptop tipe ini punya pengunci atau slot yang ada di balik penutup keyboard laptop. Tak hanya itu, ada pula baut di bawah laptop yang punya fungsi untuk mengunci keyboard dengan baut.

Untuk melepasnya, Anda hanya perlu melepas baut untuk mengangkat keyboard setelahnya. Langkah selanjutnya adalah mengganti keyboard dengan yang baru.

Bongkar secara Keseluruhan

Seiring perkembangan teknologi, sejumlah produsen laptop mengeluarkan model tipis yang ramping. Tujuannya, agar para pengguna yang bekerja maupun belajar secara mobile lebih mudah memindahkannya.

Guna mewujudkan hal tersebut, produsen mesti memikirkan bagaimana mengurangi dan meminimalisir bagian komponen dengan lebih maksimal. Meski begitu, kinerjanya akan sama dengan laptop biasa. Hal inilah yang mendasari produksi laptop dengan desain tipis yang terlihat elegan dan ramping.

Produksi ini secara otomatis membuat ukuran keyboard dibuat menjadi lebih kecil untuk ditanam di dalam. Tak hanya dari atas sebagaimana model keyboard pada laptop desain lawas.

Nah, setelah mengetahui beberapa tipe keyboard, langkah-langkah berikut ini bisa Anda ikuti pada keyboard laptop tipe HP 430. Guna membongkar keseluruhan bagian laptop, Anda harus melepas setiap bagian lebih dulu sebelum melepas keyboardnya. Berikut ini langkahnya.

Melepas Bagian Per Bagian Laptop

Buka Keyboard Laptop HP
Buka Keyboard Laptop HP, sumber: stiosoft
  1. Lepaskan baterai tepat sebelum Anda membongkar seluruh komponen atau perangkat laptop, termasuk keyboard. Proses ini membantu menghindarkan Anda dari kerusakan internal.
  2. Lepas penutup RAM atau bagian casing yang menutup ram di bagian bawah laptop Anda. Cobalah dengan melepaskan baut yang ditunjuk oleh panah merah dengan obeng plus lalu angkat casing penutup RAM dari pinggir sekrup tersebut.
  3. Jika penutup RAM telah terbuka, lepas baut pengunci keyboard dengan obeng khusus.
  4. Putar balik laptop sampai bagian atas perangkat.
  5. Lepas klip pengunci pada keyboard, dan usahakan menggunakan alat bantu yang terdiri dari pick gitar atau benda pada bagian ujung yang pipih.
  6. Jika seluruh klip sudah lepas, maka ketika keyboard akan diangkat menjadi lebih mudah. Ingat, hati-hati membukanya lantaran keyboard masih tetap terhubung dengan kabel.
  7. Berikutnya melepas kabel keyboard dengan cara membuka kunci pada soket kabel, lalu buka pengunci ke bagian atas.
  8. Jika pengunci di bagian soket kabel keyboard telah dilepas, maka secara otomatis keyboard laptop akan dengan mudah dilepas.
Baca juga:  Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Work 100%

Cara Memasang Kembali Keyboard Laptop HP

Jika proses di atas telah dijalankan, maka proses berikutnya adalah memasang kembali keyboard baru sebagai pengganti. Atau, pada kasus ringan Anda cukup membersihkan keyboard lama hingga bersih. Untuk memasangnya kembali, berikut ini caranya:

1. Ingat prosedur melepaskan yang dijelaskan sebelumnya, dimana Anda hanya perlu melakukan semua urutan tersebut dari awal namun secara terbalik.
2. Pasang bagian kabel keyboard, lalu jangan lupa untuk menutup pengunci socket dengan menutup kembali ke arah bawah.
3. Jika kabel keyboard telah dipasang, taruh keyboard pada posisi casing.
4. Kunci kembali bagian keyboard pada klip pengunci dengan tombol atau bagian yang ada pada sisi keyboard.
5. Balik laptop pada bagian bawah
6. Pasang kembali baut pada lubang yang ada.
7. Pasang kembali bagian casing penutup RAM, lalu pasang sekrup dengan posisi menghadap ke atas.

Jika seluruh prosedur di atas sudah dilakukan, tunggu beberapa menit lalu aktifkan kembali laptop Anda menggunakan keyboardnya. Jika keyboard masih tak berfungsi, ada kemungkinan masalah yang lebih besar pada laptop Anda.

Jika demikian, alternatif terakhir adalah menggunakan jasa service profesional untuk memberitahu secara detail kerusakan yang ada. Pada dasarnya prosedur di atas juga bisa digunakan untuk beberapa tipe HP lainnya dengan model keyboard sejenis.

Itulah cara membuka keyboard laptop HP dengan mudah untuk laptop kesayangan Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *