Masakan Favorit Hari Raya Idul Fitri

Inilah Masakan Favorit Hari Raya Idul Fitri yang Wajib Ada Dirumah

Selain adanya tradisi unik idul fitri, satu hal yang paling banyak ditunggu yaitu masakan favorit hari raya idul fitri yang menggugah selera. Ada banyak sekali hidangan makanan yang menjadi jamuan di meja makan.

Berikut Daftar Masakan Favorit Hari Raya Idul Fitri

Hidangan khas lebaran yang paling populer untuk menyambut sanak saudara yang wajib ada yaitu ketupat dan opor ayam. Bisa dibilang hampir semua orang menyajikan makanan khas tersebut di masing – masing rumah.

Namun disamping itu, ada beberapa sajian makanan saat lebaran di sejumlah daerah yang bukan opor ayam dan ketupat saja. Beberapa diantaranya masih belum familiar dan bahkan jarang sekali kamu temui.

1. Masakan Khas Medan Gulai Nangka

Bagi Masyarakat medan, gulai nangka menjadi menu yang paling diandalkan saat lebaran. Gulai nangka dengan tambahan daging serta iga sapi ini biasa dimakan sebagai pendamping bersama ketupat.

Bumbu dan juga cara membuat gulai nangka sama seperti membuat masakan gulai pada umumnya. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa bumbu masakan seperti ketumbar, lengkuas, jahe merah kunyit dan sebagainya.

2. Masakan Khas Aceh Bebek Gulai Kurma

Jika kamu merayakan momen hari raya idul fitri di kota aceh, maka kamu bisa menemukan masakan favorit hari raya idul fitri yaitu bebek gulai kurma. Kuliner khas lebaran ini berisi beberapa potongan daging bebek yang dimasak dengan rempah – rempah.

Baca juga:  Dari Sejarah, Tradisi, Hingga Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Rempah – rempah yang ditambahkan berupa cengkeh, kayu manis, kapulaga, serta kurma untuk menambah cita rasa yang kuat.

3. Masakan Khas Padang Rendang

Masakan lebaran yang tak boleh dilewatkan yaitu, rendang sapi. Umumnya rendang dibuat dari bahan utama daging sapi, santan dan bumbu rempah. Namun, ada juga yang membuat dari daging ayam, paru, atau bebek.

Baca juga: Inilah Niat Puasa Idul Fitri Yang Harus Kamu Ketahui

Proses memasak masakan rendang pun juga membutuhkan waktu hampir 4 jam sampai daging dirasa hitam pekat dan dedak. Jika rendang ditaruh di dalam wadah bersuhu ruangan, rendang dapat bertahan hampir berminggu – minggu.

4. Masakan Khas Palembang Ayam Bumbu Anam

Berikutnya yaitu, masakan khas palembang ayam bumbu anam. Jika dilihat dari tekstur bumbu dan warna, masakan ini mirip seperti gulai. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Daging ayam terlebih dulu dipotong dadu, lalu dimasukkan kuah santan.

Setelah itu direbus, lalu tambahkan aneka bumbu rempah agar waernanya terlihat kuning menarik dan juga pekat.

5. Masakan Khas Jambi Lemang

Masakan khas selanjutnya yaitu, lemang dari daerah jambi. Lemang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan selembar daun pisang. Lalu dimasukkan kedalam bambu panjang lepas itu dibakar sampai matang.

Itulah beberapa masakan favorit hari raya idul fitri yang wajib ada dirumah kamu. Kamu bisa memilih salah satu hidangan di atas yang bisa disajikan untuk sanak saudara jika bersilahturahmi dan berkunjung ke kediamanmu.