Spesifikasi Komputer Server, Fungsi dan Jenisnya!

Spesifikasi Komputer Server, Fungsi dan Jenisnya!

Spesifikasi komputer server adalah tempat yang berisi dokumen atau beragam data yang dibutuhkan oleh klien. Komputer server dibutuhkan oleh komputer klien agar bisa terhubung pada jaringan atau meminta data yang ada pada server.

Fungsi dan Jenis Spesifikasi Komputer Server

Di antara kamu, mungkin masih banyak yang belum tahu terkait fungsi dan jenis komputer server. Berikut adalah poin-poin yang wajib kamu ketahui:

1. Fungsi Komputer Server

Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien merupakan fungsi utama. Server juga berguna untuk mengatur hak akses ke dalam jaringan yang bisa digunakan oleh komputer klien. Perlu kamu tahu, komputer server memiliki berbagai macam data informasi yang digunakan untuk memberikan layanan pada klien.

Bentuk fisik dari server berwujud jaringan komputer memiliki ukuran besar. Hal ini dikarenakan memiliki komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar. Komputer server butuh penanganan khusus, yaitu harus menyala 24 jam sehingga perlu diletakkan dalam ruangan bersuhu rendah.

2. Jenis Spesifikasi yang Ideal Untuk Komputer Server

Kamu pasti penasaran, apa yang membuat komputer server dan komputer client berbeda. Berikut adalah jenis yang dapat membedakannya:

• Prosesor

Dalam memilih komputer server, prosesor merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan. Intel dan AMD merupakan dia pabrikan ternama yang bisa kamu jadikan pilihan. Dari keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Baca juga: Bagaimana Perbandingan Prosesor Amd dan Intel untuk Laptop

Dibandingkan AMD, Intel biasanya lebih dipilih karena kemampuan baca tulis per basis. Katakan saja, Intel jauh lebih baik.

Baca juga:  Bagaimana Perbandingan Prosesor Amd dan Intel untuk Laptop

• RAM

RAM bertanggung jawab atas banyaknya proses yang dilakukan dalam perangkat komputer. Sebenarnya, 512MB saja sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi pada Windows Server terbaru. Hanya saja, setiap jenis server mempunyai kebutuhan RAM yang berbeda.

Semisal, RAM 2GB diperlukan untuk menjalankan content management system, scripting languange, dan panel control. Untuk jaringan lokal sendiri, kamu harus menyesuaikan dengan jumlah komputer client agar jaringan bisa berjalan bebas tanpa hambatan dan lancar.

• Penyimpanan

Penyimpanan merupakan komputer server yang tak kalah pentingnya. Saat memilih perangkat penyimpanan untuk komputer server kamu harus memperhatikan jenis perangkat dan kapasitas. Jenis penyimpanan ini ada beberapa macam.

Kamu bisa memakai HDD, tetapi lebih dianjurkan untuk memakai SSD saja. Hal ini dikarenakan SSD memiliki kecepatan penyimpanan yang lebih tinggi. Jenis penyimpanan dan RAM tak beda jauh, kapasitas minimalnya juga tergantung pada penggunaan servernya.

Jika kamu bekerja di kantor, maka membutuhkan yang jauh lebih besar untuk digunakan menyimpan file atau dokumen dalam jumlah banyak. Kamu juga harus selalu memperhatikan spesifikasinya.

Baca juga: Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Work 100%

Setelah mengetahui fungsi dan jenis spesifikasi komputer server, harusnya kamu sudah dapat membedakan antara komputer server dan komputer klien. Perhatikan juga saat kamu akan memilih penyimpanan atau RAM, sesuaikan dengan kebutuhan dan perangkat yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.