Mengenal Apa Itu Hari Raya Idul Adha

Mengenal Apa Itu Hari Raya Idul Adha?

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah umat muslim di seluruh penjuru dunia merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya qurban, hari raya ini juga disebut dengan hari raya haji karena bertepatan pada pelaksanaan ibadah haji setiap umat muslim. Hari raya qurban merupakan salah satu kesempatan bagi umat muslim di dunia untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak semua umat muslim mempunyai kesempatan menunaikan ibadah haji oleh karena itu bagi yang tidak bisa melakukan ibadah haji diberikan kesempatan untuk berqurban dengan menyembelih hewan qurban.

Sejarah Idul Adha dalam Islam

Semuanya berawal dari kisah Nabi Ibrahim yang mendapat ujian dan cobaan dari Allah SWT. hingga beliau mendapat kehormatan sebagai “Kekasih Allah”. Pada suatu kisah Nabi Ibrahim mendapat ujian dari Allah SWT. yang sangat luar biasa, yaitu Nabi Ibrahim diminta untuk mengorbankan putranya yang saat itu masih berusia 7 tahun dengan cara menyembelihnya secara langsung dengan tangannya sendiri.

Saat Nabi Ibrahim sudah bersiap untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail, tiba-tiba Allah SWT berfirman untuk menghentikan apa yang akan dilakukan Nabi Ibrahim tersebut. Allah SWT. telah melihat kesungguhan iman serta takwa Nabi Ibrahim kepada-Nya. Sebagai balasan atas sikap ikhlas dari Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, Allah SWT. mengganti perintahnya dengan hanya menyembelih seekor kambing saja sebagai qurban semuanya dijelaskan dalam Al-Qur’an pada Surat As-Saffat Ayat 1007-110.

Baca juga:  Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri Tahap per Tahap

Pengertian Hari Raya Idul Adha

Idul Adha berasal dari kata “Idul Nahr” yang artinya Hari Raya Penyembelihan, berasal dari dua kata yaitu “Id” dan “Adha” yang memiliki arti “menengok” dan “kembali” sedangkan di Indonesia sendiri bermakna “berhari raya” dan qurban”. Jadi dalam pegertiannya memiliki arti kembali menyembelih hewan qurban setiap tahun. Hukum melaksanakan qurban pada saat hari raya qurban adalah wajib bagi yang mampu dan memiliki keluasan rezeki seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Kautsar Ayat 1-2.

Pelaksanaan Idul Adha Tahun 2022

Tak terasa tahun ini sudah hampir memasuki bulan Dzulhijjah dimana dikenal oleh umat muslim sebagai salah satu bulan penuh berkah, karena pada bulan ini umat muslim akan melaksanakan ibadah haji dan juga hari raya idul qurban. Pada tahun 2022 ini hari raya qurban akan terasa sangat berbeda dari 2 tahun sebelumnya, dimana pada pada tahun 2020 dan 2021 masih terjadi pandemi dengan peningkatan kasus Covid-19 yang tinggi sehingga umat muslim tidak bisa merayakan hari raya secara meriah.

Perayaan Hari Raya Idul Adha oleh Masyarakat di Beberapa Negara

Jutaan umat muslim di dunia telah menanti bulan yang pernuh berkah ini, bulan Dzulhijjah ini merupakan bulan spesial dimana umat muslim akan merayakan hari raya qurban dan ibadah haji. Berikut beberapa perayaan hari raya Idul Adha yang ada di seluruh dunia:

1. Turki, beberapa daerah di Turki memiliki tradisi yaitu dengan menghias dan mewarnai hewan yang akan di kurbankan dengan Henna dan Pita. Selain berkurban masyarakat disana biasanya akan berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga kemudian makan bersama.

2. Maroko, sebelum melakukan penyembelihan hewan qurban masyarakat Maroko biasanya akan menikmati hidangan manis dan juga kukis. Selain itu mereka juga akan menikmati sarapan saat hari raya qurban dengan makanan seperti herbel, krachel, beghir dan harcha. Masyarakat Maroko juga akan menyediakan masakan yang berbahan hati sapi atau domba.

Baca juga:  Pengumuman Calon Guru Penggerak Angkatan 7

3. Mesir, masyarakat Mesir selalu menyambut senang hari raya qurban dan dirayakan dengan sangat meriah. Sebelum menyembelih hewan qurban mereka biasanya akan sarapan dengan daging yang dimakan dengan nasi panggang serta ditaburi dengan remahan roti. Kesenangan masyarakat Mesir dengan datangnya hari raya qurban juga akan ditandai dengan hari libur selama 3 hari.

4. Indonesia, selain melakukan penyembelihan hewan qurban dan membagi sebagian daging qurbannya untuk masyarakat lainnya. Perayaan hari raya qurban di Indonesia hampir sama dengan perayaa Idul fitri yaitu dengan bersilahturahmi ke kerabat dan keluarga kemudian dilanjutkan makan bersama dengan menu serba daging yang disajikan dengan ketupat.

Baca juga: Hal yang Jarang diketahui: Makna dan Sejarah Idul Adha

Istilah Lain dari Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Qurban memang identik dengan penyembelihan hewan qurban, oleh karena itu tidak sedikit yang menyebut hari raya ini sebagai Idul Qurban atau hari raya qurban. Selain hari raya qurban masyarakat juga sering menyebut hari raya ini sebagai Lebaran Haji, hal ini karena pada tanggal 9 Dzulhijjah seluruh umat islamyang menunaikan Ibadah Haji sedang melakukan wukuf di padang araah sebagai salah satu rukun dalam ibadah haji.

Kegiatan Jamaah Haji pada Saat 10 Dzulhijjah

Setelah melakukan wukuf di padang arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, keesokan harinya jamaah haji harus bermalam di Muzdalifah dan langsung berangkat ke Mina sejak waktu subuh dimana para jamaah haji akan melempar 7 batu kerikil ke jamarat atau biasanya disebut dengan lempar jumrah. Selanjutnya jamaah haji akan berkurban seekor hewan dan mencukur rambutnya sebagai tanda berakhirnya masa ihram. Dengan berakhirnya masa ihram para jamaah haji akan melakukan tawaf ifadah dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali sebelum mereka akan kembali ke Mina.

Baca juga:  Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan

Ibadah Puasa 10 Hari Menjelang Hari Raya Idul Adha

Sebelum hari raya qurban tepatnya 10 hari sebelumnya ada sebuah amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim yang memiliki keutamaan luar biasa.

Umat muslim disarankan untuk melakukan Puasa Dzulhijjah pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, kemudian Puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan dilanjutkan dengan Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dengan melakukan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah kamu akan mendapat kemuliaan seperti berikut:

  1. Diberikan Keberkahan dalam Kehidupannya
  2. Ditambahka hartanya
  3. Dijaminkan hidup Rumah Tangganya
  4. Dibersihkan dari segala dosa yang lalu
  5. Dilipatgandakan seluruh amal ibdahnya
  6. Dimudahkan saat kematian datang
  7. Diterangkan alam kuburnya
  8. Diberatkan timbangan amalan baiknya
  9. Diselamatkan dari segala Kehinaan
  10. Diangkat martabatnya oleh Allah SWT

Tanggal Berapa Hari Raya Idul Adha Tahun 2022?

Berdasarkan kalender tahun 2022 yang ada di Indonesia Hari Raya Qurban tahun ini jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 yang telah ditandai sebagai hari libur nasional. Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa 10 Dzulhijjah 1443H akan jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022 yang dicantumkan pada Maklumat mereka yang ditetapkan berbarengan dengan Ramadhan dan Syawal.

Kementerian Agama Republik Indonesia sendiri hingga saat ini belum melakukan Sidang Itsbat Penetapan Hari Raya Qurban pada tahun ini, ada kemungkinan Kemenag akan menentukan Hari Raya Qurban jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 sehingga akan ada perbedaan antara Pemerintah dengan Muhammadiyah. Sidang Itsbat sendiri akan dilakukan pada tanggal 29 Juni 2022 di Auditorium Kantor Kemenag RI, jika dilihat dari kemungkinan yang ada maka Hari Raya Qurban di Indonesia kurang lebih 10-11 hari lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.