Twibbon Hari Istiqlal

Twibbon Hari Istiqlal Lengkap dengan Sejarah Pendirian Masjid Istiqlal

Teknoni.com – Hari Istìqlal diperingati pada tanggal 22 Februari setiap tahunnya. Peringatan Hari Istiqlal menjadi salah satu upaya akan pentingnya pembangunan masjid yang dinobatkan sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara. Selain itu masjid istiqlal juga dijadikan ikon terbesar di Kota Jakarta yang berseberangan dengan Gereja Katedral dan Gereja Imanuel.

Lantas, bagaimana sejarah singkat pendirikan masjid Istiqlal hingga dijadikan sebagai salah satu perayaan terlahirnya Hari Istiqlal di Ibu Kota Jakarta?

Sejarah Singkat Pendirian Masjid Istiqlal sebagai Hari Istiqlal

Tentu Hari Istiqlal tidak terlepas dari momen penting sebagai pengingat sejarah pendirian masjid tersebut. Awal mula pendirian masjid berawal dari cetusan beberapa ulama pada sekitar tahun 1950 – 1953 yang saat itu Menteri Agama masih diduduki oleh KH. Wahid Hasyim.

Ide dari beberapa ulama tersebut akhirnya direalisasikan dengan hasil membentuk yayasan khusus yang bernama Yayasan Masjid Istiqlal. Ide pembangunan juga mendapat respon positif dari Presiden Soekarno. Rancangan judul “Ketuhanan” dari Fredrich Silaban menjadi yang terpilih, yang saat itu arsiteknya merupakan orang Kristen Protestan.

Selanjutnya, Presiden Soekarno mengusulkan lokasi masjid di bangun di Taman Wilhelmina yang berdekatan dengan Istana Merdeka, bangunan Pemerintah serta Gereja Katedral dan Gereja Imanuel.

Pembangunan Masjid Istiqlal diselesaikan selama kurang lebih 17 tahun dengan beberapa kendala yang sulit karena dihadapkan dengan konflik politik. Masjid Istiqlal memiliki 5 lantai dengan satu lantai dasar. Pembangunan masjid Istiqlal dibuat dengan gaya arsitektur modern dengan lantai yang dilapisi marmer dan dihias dengan ornamen geometrik dari baja antikarat.

Masjid Istiqlal memiliki kubah besar dengan diameter sekitar 45 meter yang ditopang. Selain itu masjid ini memiliki 12 tiang yang besar. Masjid memiliki luas lantai dengan ukuran 36.980 meter persegi yang dilapisi dengan marmer seluas 17.300 meter persegi. Jumlah luas tiang memiliki kepanjangan sekitar 1.800 buah yang ada di atas gedung.

Masjid juga memiliki kubah kecil yang berfungsi untuk jalan menuju ke gedung utama secara langsung. Selain itu masjid juga memiliki menara tunggal yang menghadap ke arah Selatan dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Menara ini merupakan tempat untuk muadzin mengumandangkan azan setiap lima waktu.

Masjid Istiqlal diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 sekaligus menjadikannya sebagai hari peringatan yang disebut dengan Hari Istiqlal.

Link Twibbon Hari Istiqlal

Untuk memperingati dan merayakan kedatangan kembali 22 Februari yang ditandai dengan Peresmian Masjid terbesar Se-Asia Tenggara atau disebut Hari Istiqlal, kamu bisa mencoba beberapa twibbon sebagai bentuk perayaannya. Berikut link twibbon tersebut yaitu:

  1. https://www.twibbonize.com/hutistqilal2023
  2. https://www.twibbonize.com/harijadimasjidistiqlal2022
  3. https://www.twibbonize.com/hariistiqlal2022
  4. https://www.twibbonize.com/hari-istiqlall
  5. https://www.twibbonize.com/hari-istiqlal
  6. https://www.twibbonize.com/hariistiqlalkhonsa2
Baca juga:  Twibbon Hari Peringatan Pembela Tanah Air (PETA) Beserta Sejarah Terbentuknya

Itulah penjelasan mengenai sejarah terbentuknya Hari Istiqlal beserta link twibbon perayaannya. Hari Istiqlal tidak terlepas dari bukti pendirian awal dari Masjid Istiqlal yang menjadi ikon terpopuler di Kota Jakarta Indonesia.

Follow Berita Teknoni di Google News