Cara Hapus File di Google Drive

Bagaimana Cara Hapus File di Google Drive?

Masih bingung bagaimana cara hapus file di Google Drive? Kalau iya, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Mungkin ada banyak sekali orang yang familiar dengan layanan Google Drive, tetapi masih belum paham mengenai bagaimana cara kerjanya. Google Drive adalah suatu layanan penyimpanan file secara daring yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini akan memungkinkan penggunanya untuk bisa menyimpan file di server Google, berbagi file, dan menyinkronkan file di semua perangkat.

Untuk menggunakannya pun sangatlah mudah yaitu Anda hanya tinggal membuka Google Drive dan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Setelah itu upload file dari laptop atau membuat file di Google Drive. Anda juga bisa memanfaatkan fitur bagikan file sehingga orang lain bisa melihat bahkan mengedit dan mengomentarinya. Adapun beberapa masalah yang bisa menimpa Anda saat menggunakan layanan ini, salah satunya adalah masalah hapus-menghapus file.

Ini Dia Cara Hapus File di Google Drive

Ada beberapa file yang harus dihapus baik itu karena sudah tidak diperlukan atau agar ruang yang tersedia tidak penuh. Seorang pengguna bisa melakukan penghapusan file kapan saja, tetapi ada juga beberapa orang yang ternyata belum mengetahui bagaimana caranya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara untuk menghapus file di Google Drive, yaitu:

  1. Untuk bisa menghapus file di Google Drive secara permanen hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Drive dan pilih file atau data yang ingin dihapus. Setelah itu klik “Ikon titik tiga” yang ada di samping file.
  2. Langkah kedua adalah pilih “Hapus” jika sudah muncul menu tab baru.
  3. Jika sudah berhasil menghapus file maka langkah selanjutnya adalah buka menu di tampilan Google Drive yang ada di sebelah kiri dan klik “Sampah”.
  4. Pada folder “Sampah” ini terdapat semua file atau data yang sudah Anda hapus sebelumnya. Agar bisa terhapus secara permanen maka Anda pilih kembali file atau data yang ingin dihapus secara permanen. Caranya adalah klik “Ikon titik tiga” yang ada di samping data tersebut. Jika ingin menghapus data dengan serentak atau banyak maka Anda bisa tandai semua file yang ingin dihapus kemudian klik “Ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.
  5. Langkah selanjutnya, jika Anda sudah yakin akan menghapus file atau data tersebut secara permanen maka pilih “Hapus selamanya”.
  6. Langkah terakhir adalah konfirmasi proses penghapusan yaitu dengan memilih “Hapus permanen”.
Baca juga:  Cara Melihat CCTV Secara Online

Bagaimana Cara Memulihkan File yang Sudah Terhapus di Google Drive?

Mengembalikan atau memulihkan file yang sudah terhapus adalah salah satu masalah yang sering kali dialami saat mengoperasikan suatu peranti baik itu PC maupun smartphone. Apalagi itu file penting yang tidak sengaja terhapus. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi.

Jika file tersebut ada di Google Drive maka pengguna bisa mengembalikannya atau restore sendiri tanpa memakan banyak waktu. Hal ini dikarenakan Google Drive mempunyai fitur yang mirip dengan recycle bin pada PC yaitu trash atau sampah. Berikut ini adalah cara memulihkan file yang sudah terhapus di Google Drive, yaitu:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive terlebih dahulu, bisa di smartphone atau di PC.
  2. Setelah tampilan layar berubah menjadi home page Google Drive maka pengguna bisa memilih salah satu dari 6 menu yang ada di bagian kiri. Pilihlah menu sampah atau trash dan kemudian muncullah beberapa file yang sudah Anda hapus sebelumnya pada bilah sebelah kanan.
  3. Jika sudah menemukan file atau data yang dimaksud maka klik bagian kanan file tersebut dan pilih opsi pulihkan atau restore. Setelah itu Google Drive pun akan memproses perintah tersebut dan menyajikan 2 menu perintah yaitu temukan dan urung. Pilihlah opsi temukan.
  4. Tidak hanya itu saja, pengguna pun juga bisa mengembalikan file atau data yang sudah dihapus dengan cara persamaan atau tidak harus melakukannya satu per satu. Bagi pengguna Google Drive di PC caranya adalah dengan menekan ctrl dan klik setiap file yang ingin dipulihkan lalu klik kanan dan pilih restore atau pulihkan. Sementara bagi pengguna Google Drive versi smartphone maka pilihlah beberapa file dengan menahannya kemudian klik ikon titik 3 dan pilih restore atau pulihkan.
  5. Jika sudah melakukan tahapan tersebut maka file yang dipulihkan akan kembali di menu my drive sehingga pengguna bisa mengunduh file tersebut sebagai back up di PC.
Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Link Download dari Google Drive?

Catatan Penting Sebelum Menghapus File di Google Drive

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengembalikan file di Google Drive yang sudah terlanjur dihapus. Salah satunya adalah memastikan terlebih dahulu file yang terhapus tersebut belum sampai melewati batas waktu maksimal atau belum yaitu selama 25 hari.

Jadi perlu digaris bawahi bahwa cara di atas adalah cara yang hanya berlaku untuk file yang dihapus sementara bukan file yang sudah terhapus permanen.

Jika lebih dari itu maka file tidak akan kembali kecuali pengguna melakukan kebijakan Google Vault tambahan. Sebagai tambahan, Google Vault adalah suatu fitur arsip digital yang berguna untuk mencari, mengelola, dan mengekspor di Google Drive serta email yang sepenuhnya berbasis web.

Selain itu data yang sudah dihapus secara permanen oleh pengguna baik itu di menu sampah atau mydrive maka secara otomatis mereka tidak bisa dikembalikan. Hal ini dikarenakan file yang sudah terhapus secara permanen memang benar-benar sudah terhapus dari server Google Drive.

Baca juga: Tips dan Cara Bypass Icloud Iphone Dengan Langkah Mudah

Sering Membersihkan File yang Tidak Penting Hingga Fitur “Contact Us” Google

Hal penting yang perlu diingat juga adalah semua file yang ada di folder sampah juga akan memakan memori pada akun Google Drive pengguna. Oleh karena itu sebaiknya pengguna sering membersihkan file yang tidak terlalu penting agar ruang penyimpanan di Google Drive tidak terpakai sia-sia.

Ada juga kasus langka di mana file yang ada di sampah tidak bisa dipulihkan. Untuk kasus ini sangat dianjurkan untuk Anda agar langsung menghubungi pihak Google. Caranya adalah dengan pergi ke halaman Google Drive Help kemudian klik ‘Contact us” yang ada di bagian kanan atas.

Baca juga:  Tips dan Cara Bypass Icloud Iphone Dengan Langkah Mudah

Jika sudah masih ke tampilan “Contact us” maka pilih opsi “Missing or deleted files” dan pilihlah metode komunikasi yang akan Anda gunakan. Pihak Google menyediakan tiga pilihan metode komunikasi yaitu via email, telepon, atau chat.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan terkait bagaimana cara hapus file di Google Drive. Semoga adanya informasi ini bisa membantu dan bermanfaat khususnya untuk menambah wawasan. Terima kasih banyak sudah bersedia membaca artikel ini dari awal hingga selesai dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *