Sejarah Idul Adha

Hal yang Jarang diketahui: Makna dan Sejarah Idul Adha

Teknoni.com – Idul adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang juga dapat kamu kenal sebagai hari raya haji. Pada tanggal ini seluruh kaum muslim yang melaksanakan ibadah haji utama akan melakukan wukuf di Arafah. Para jamaah haji memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit dimana pakaian tersebut di sebut sebagai pakaian ihram.

Sejarah Idul Adha

Menurut kepercayaan Islam, sejarah Idul Adha bermula ketika nabi Ibrahim terus menerus bermimpi menyembelih putra kesayangannya. Ibrahim bermimpi menyembelih sang putra Ismail untuk memenuhi perintah Allah.

Nabi Ibrahim kemudian menceritakan mimpi tersebut kepada Ismail karena Ibrahim yakin jika mimpi itu merupakan suatu perintah dari Allah. Ibrahim menjelaskan bagaimana akan melakukan pengorbanan dan Ismail setuju akan apa yang ayahnya minta karena ini merupakan keinginan Allah.

Setan sudah mencoba menggoda Ibrahim untuk tidak melakukan kurban, tetapi Ibrahim tidak tergoda dan justru melempari setan dengan batu. Allah melihat pengabdian mutlak dari nabi Ibrahim, kemudian menyuruh malaikat Jibril untuk mengganti Ismail dengan seekor domba untuk disembelih.

Jibril memberi tahu nabi Ibrahim jika Allah suka dengan tindakan dan pengabdian Ibrahim untuk mengurbankan anak kesayangannya. Maka dari itu Allah menggantikan anak kesayangannya Ibrahim yaitu Ismail dengan seekor domba untuk disembelih. Sejak saat itu setiap hari raya haji atau hari raya kurban akan diadakan proses penyembelihan kambing dan sapi sebagai kurban.

Idul Adha Artinya

Hari raya kurban atau hari raya haji adalah hari raya umat Islam dimana pada hari itu umat Islam memperingati peristiwa kurban. Peristiwa kurban adalah peristiwa saat Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan Ismail yang merupakan putranya sebagai bentuk kepatuhan terhadap Allah SWT.

Baca juga:  Dari Sejarah, Tradisi, Hingga Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Sebelum Nabi Ibrahim menyembelih sang putra, Allah terlebih dahulu menggantikan Ismail dengan seekor domba. Maka untuk memperingati kejadian ini, setiap tahun pada tanggal 10 Dzulhijjah akan ada hewan ternak yang disembelih sebagai bentuk kurban.

Tanggal 10 bulan Dzulhijjah dilaksanakan hari raya kurban atau 70 hari setelah hari raya idul fitri. Pada hari itu maupun hari hari tasyrik lainnya seluruh umat Islam diharamkan menjalankan ibadah puasa. Pada hari idul Adha umat Islam akan melakukan sholat id berjamaah di masjid, kemudian setelah sholat selesai akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Idul Adha 2022

Jadwal libur nasional hari raya haji tahun 2022 versi pemerintah telah tercantum dalam SKB 3 Menteri atau surat keputusan bersama menteri tahun 2022. Dalam surat keputusan ini, hari raya kurban jatuh pada hari libur atau pada akhir Minggu.

Kemenko PMK menjelaskan bahwa hari raya kurban jatuh pada hari Sabtu, namun hari raya ini sedikit berbeda dengan hari raya idul Fitri. Jika hari raya idul Fitri dibarengi dengan kegiatan curi bersama, hari raya kurban tidak ada acara cuti bersama.

Meskipun hari libur nasional telah ditetapkan, namun kamu perlu menunggu keputusan dari hasil sidang isbat. Sidang isbat akan digelar oleh pemerintah beserta beberapa ormas terkait dengan pelaksanaan dan penetapan hari raya kurban.

Cara Masyarakat Merayakan Idul Adha

Perlu kamu ketahui bahwa masyarakat Indonesia memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari raya kurban. Berbagai daerah yang ada di Indonesia merayakan hari raya kurban sesuai adat dan istiadat setempat.

1. Tradisi Toron (Mudik) Madura

Ternyata tidak hanya dirayakan saat hari raya idul Fitri, namun masyarakat juga melakukan mudik saat hari raya kurban. Tradisi ini disebut Toron yang dilakukan oleh masyarakat yang berasal dari Madura Jawa Timur. Orang Madura akan melakukan mudik dengan membawa beberapa oleh oleh.

Baca juga:  Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri Tahap per Tahap

2. Tradisi Manten Sapi Pasuruan

Jika pada umumnya sapi dikurbankan saat pelaksanaan hari raya kurban, ada hal unik yang berasal dari daerah Pasuruan Jawa Timur. Dimana sapi akan didandani terlebih dahulu sebelum disembelih yang disebut dengan tradisi Manten. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun dimana sapi akan dimandikan kemudian diriasi dengan bunga bunga.

3. Tradisi Meugang Aceh

Tradisi Meugang merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Aceh saat menyambut hari raya kurban. Tradisi ini berupa acara memasak daging yang nantinya akan dimana bersama dengan keluarga dan anak yatim-piatu.

Istilah Lain dari Idul Adha Adalah

Setelah melihat sejarah Idul Adha dan cara masyarakat merayakan Idul Adha, kita dapat meringkas bahwa Idul Adha dapat disebut dengan hari raya haji dimana seluruh umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji akan melempar jumroh. Ibadah haji merupakan momentum dimana seluruh umat Islam dunia berkumpul di tanah suci untuk melakukan serangkaian kegiatan yang dapat menyempurnakan rukun Islam.

Selain disebut sebagai hari raya haji, disebut juga dengan hari raya kurban seperti yang selalu dibahas dalam penjelasan sebelumnya. Hal ini karena tidak terlepas dengan proses penyembelihan hewan kurban yang berasal dari kisah pengorbanan nabi Ibrahim terhadap nabi Ismail.

Hari raya kurban bertepatan dengan hari raya haji dimana para jamaah haji melakukan lempar jumroh di Mina. Sementara itu, sehari menjelang idul adha yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Umat yang sedang melaksanakan ibadah haji akan melakukan wukuf di Padang Arafah.

Ibadah wukuf adalah salah satu ritual yang termasuk ke dalam rangkaian ibadah haji. Dimana jamaah harus berdiam diri di Padang Arafah hingga terbenamnya matahari pada tempat pertemuan nabi Adam dan Siti Hawa.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Hari Raya Idul Adha?

Sementara untuk umat Islam yang tidak melakukan ibadah haji disunnahkan menjalankan puasa tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan puasa Arafah (9 Dzulhijjah).

Berapa Hari Lagi Idul Adha

Sesuai dengan SKB 3 Menteri Nomor 375 tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, hari raya idul Adha 1443 Hijriyah. Dan ditetapkan sebagai hari libur nasional yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

Sementara pimpinan pusat Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022. Penetapan hari raya kurban menurut pemerintah akan ditetapkan pada saat pelaksanaan sidang isbat yang dilakukan oleh kementerian agama.

Berapa Hari Lagi Idul Adha 2022

Jika dihitung sesuai SKB yang berlaku, hari raya kurban akan dilaksanakan 7 hari lagi. Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai mencari hewan kurban baik sapi maupun kambing. Banyak juga yang sudah menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk melakukan serangkaian acara adat daerah setempat.

Bagi kamu yang ingin melakukan kurban harus mengikuti beberapa anjuran yang berlaku. Seperti memastikan hewan yang akan digunakan sebagai kurban dalam keadaan memenuhi syarat yang syah khususnya dari segi kesehatan.

Umat Islam yang melaksanakan kurban tidak harus menyembelih hewan yang digunakan sebagai bentuk kurban sendiri. Kamu bisa meminta bantuan dari lembaga yang melakukan penyembelihan hewan kurban dan kamu juga tidak wajib melihatnya.

Para panitia kurban bersama dengan tenaga kesehatan harus memastikan kondisi kesehatan hewan kurban. Dan proses penanganan hewan kurban baik pemotongan serta penanganan daging, limbah dan jeroan.

Dari penjelasan makna dan sejarah Idul Adha yang sudah kamu baca dan pahami, kamu sudah memahami secara lebih dalam apa itu hari raya kurban. Serta beberapa proses yang dilakukan masyarakat pada saat hari raya kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.