Perbandingan Prosesor Amd dan Intel untuk Laptop

Bagaimana Perbandingan Prosesor Amd dan Intel untuk Laptop

Pernah mendengar istilah prosesor Amd dan Intel? Bagi Anda yang hendak membeli laptop, kedua komponen ini cukup penting untuk dipahami perbedaannya. Perbandingan prosesor Amd dan Intel untuk laptop dapat dilihat guna memilih laptop berdasarkan kebutuhan harian Anda.

Sebelum membeli laptop, pahami dulu beberapa aspek penting baik hardware maupun software yang terdapat pada laptop. Spesifikasi, biasanya cukup mudah diketahui dengan melihat dari lampiran daripada tipe laptop yang diinginkan.

Apa Itu Processor dan Fungsinya

Sebelum membahas lebih jauh perihal processor, perlu diketahui lebih dulu mengenal komponen dan mengapa perangkat ini penting. Processor ada di tengah motherhood, dimana seluruh fungsi operasinya berawal dari processor.

Karena itu, memilih processor yang baik akan mendukung kinerja laptop atau PC lebih optimal secara keseluruhan. Fungsi seperti menulis, balas email, desain grafis hingga browsing internet. Lebih detail berikut ini fungsi umum processor.

1. Memastikan secara baik kinerja komputer
2. Mengirimkan instruksi pada setiap komponen komputer sebelum berjalan
3. Menjalankan proses informasi
4. Menjaga stabilitas performa komputer
5. Memenuhi kebutuhan spesifik komputer
6. Mengolah program algoritma
7. Menjaga stabilitas komputer secara penuh

Itulah beberapa fungsi penting processor, secara spesifik, sistem ini mendukung banyak kinerja komputer atau laptop secara penuh.

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk laptop

Setelah memahami fungsi processor dan pengertiannya, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan antara AMD dan Intel seperti berikut ini:

Kecepatan

Jika akan membeli laptop, tentu Anda menginginkan perangkat laptop dengan sistem kerja yang lebih cepat. Gunanya, agar kebutuhan Anda nantinya juga bisa diselesaikan dengan cepat. Laptop cenderung memudahkan penggunanya dalam membuka aplikasi tanpa durasi yang lama.

Menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah misalnya, waktu cepat sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang dikejar deadline. Soal ini, berdasarkan pemeriksaan Intel dianggap lebih cepat mendukung kinerja laptop ketimbang processor AMD. Meski tak berbeda jauh, Intel punya kecepatan yang dianggap lebih baik jika dibanding dengan rekannya.

Grafis Game

Saat ini, terdapat banyak sekali pilihan game menarik yang bisa menjadi pilihan masyarakat. Dengan ragam genre yang ditawarkan, hiburan tentu akan memberi daya tarik berbeda. Beberapa game bisa diakses melalui android atau iOS, namun beberapa juga hanya bisa melalui laptop atau perangkat komputer (PC).

Baca juga:  Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Work 100%

Hal inilah yang didukung oleh prosesor AMD dan Intel guna kelancaran bermain game para penggunanya. Anda tentu tak ingin koneksi dan perangkat membuat permainan yang sedang seru menjadi terhambat. Jika melihat perbandingan keduanya dari aspek ini, maka AMD punya kekuatan yang lebih kuat.

Pada dasarnya, AMD dirancang dengan perangkat pendukung yang bertahan dalam kinerja yang baik meski suhu terus meningkat. Di sisi lain, kinerja laptop yang cepat dan tinggi juga akan tetap stabil selama permainan dilakukan.

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop dilihat dari Manajemen Suhu

Ketika Anda mengoperasikan sebuah laptop, sudah pasti suhu mesin akan meningkat signifikan. Prosesor punya peran penting dalam kondisi ini, dimana Ia akan bekerja sebagai penentu suhu di sebelah kipas yang merupakan perangkat bawaan dari laptop itu sendiri.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membeli laptop pastikan untuk memeriksa penyedia processor yang menyediakan suhu dengan lebih baik. Apabila dilihat aspek manajemen suhu, Intel sebenarnya jauh lebih baik dibanding AMD.

Melalui AMD, kinerja processor secara otomatis akan diturunkan saat suhu mengalami peningkatan. Sistem kerja secara otomatis ini akan menyesuaikan suhu sehingga membuat kinerja laptop menjadi lebih tenang dan stabil

Namun, bukan berarti Intel bekerja tak cukup baik untuk menstabilkan suhu. Melalui penyesuaian suhu, Intel juga bisa mendukung perangkat agar lebih tenang meski dengan kinerja yang tidak lebih baik dari AMD.

Baca juga: Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Work 100%

Multimedia

Untuk perangkat laptop, multimedia amat penting supaya bisa memberikan berbagai manfaat kepada penggunanya. Dari sisi multimedia sendiri, processor Intel dan AMD mempunyai perbandingan yang cukup menggiurkan.

Intel sendiri dianggap jauh lebih baik dibandingkan AMD, mengingat, jika tampilan gambar boleh processor Intel lebih tajam, jelas dan detail. Tampilan inilah yang membuat AMD sedikit tertinggal ketimbang Intel jika membahas soal multimedia.

Bahkan, sisi multimedia sudah diakui oleh seluruh pengguna game di dunia. Dalam game sendiri, kualitas gambar yang detail merupakan instrumen penting untuk bermain dengan lebih baik.

Virus

Salah satu resiko yang paling dikhawatirkan pengguna laptop ada virus. Pada kasus serous, virus dapat membuat kerusakan internal yang cukup parah sehingga mengancam data yang di dalamnya. Virus laptop atau malware misalnya, memberi efek yang sangat buruk bagi performa laptop itu sendirinya.

Baca juga:  Cara Membuka Keyboard Laptop HP dengan Mudah

AMD dalam hal ini bisa memberikan sinyal atau deteksi apabila virus masuk pada perangkat Anda. AMD memungkinkan untuk mengantisipasi ancaman dan memberikan peringatan pada layar kepada pengguna.

Semisal, apabila virus masuk maka AMD adalah perangkat yang akan mendeteksinya lebih dulu sehingga Anda bisa langsung mengatasinya dengan cepat. Membersihkan virus yang baru saja masuk, penting untuk dilakukan sebelum menyebar dan bertambah banyak.

Namun sayangnya, Intel belum didukung oleh teknologi tersebut selayaknya AMD. Inilah yang menjadi keunggulan tersendiri bagi pengguna AMD. Kesiapannya dalam mendeteksi virus bisa meminimalisir sebab kerusakan akibat kerusakan eksternal.

Harga

Bagian penting lain yang juga banyak disoroti oleh pengguna Intel dan AMD tentu dari segi harga. Melalui kelebihan dan kekurangan masing-masing, harga tetap menjadi indikator penting dalam memilih processor. Meski, banyak spesifikasi lain yang sama pentingnya untuk menjadi bahan pertimbangan saat membeli

Soal harga, processor Intel dan AMD punya perbedaan yang cukup kentara. Saat ini, laptop dengan processor Intel cenderung lebih mahal ketimbang AMD. Kisarannya, tentu bervariasi tergantung lokasi dimana Anda membelinya.

Apabila Anda hendak membeli laptop menggunakan harga yang lebih murah namun punya spesifikasi tinggi, maka cobalah langsung dengan memilih laptop processor AMD. Kualitasnya tentu cukup baik, meski kekurangan processor akan didapatkan melalui AMD yang berbeda dengan Intel.

Jadikan Bahan Pertimbangan

Namun jika harga tak terlalu jadi masalah selama perangkat punya performa dan kualitas yang baik, maka Intel patut untuk dicoba. Atau jika Anda ingin punya tampilan multimedia yang baik maka Intel lebih patut untuk digunakan.

Sebenarnya, bukan hal sulit untuk memahami perbedaan terkait processor Intel maupun AMD saat akan membeli laptop. Meski dari segi merek atau branding, processor Intel dianggap lebih mumpuni ketimbang rekannya AMD. Meski begitu, setiap kelebihan dan kelemahan di atas bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli berdasarkan kebutuhan Anda sendiri.

Itulah perbandingan processor AMD dan Intel yang bisa dikenali. Memilih berdasarkan kebutuhan melalui keunggulan dan kelemahan adalah langkah yang bijak. Perlu diketahui pula, jika AMD meski dengan harga dan kualitas di bawah Intel namun tetap memiliki spesifikasi yang justru tak dimiliki Intel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *