Twibbon Hari Kanker Anak-Anak Sedunia

Twibbon Hari Kanker Anak-anak Sedunia Beserta Sejarahnya

Teknoni.com – Hai sobat teknoni, tahukah sobat hari kanker anak-anak sedunia selalu diperingat tanggal 15 Februari setiap tahunnya. Tujuan diperingatinya hari kanker anak-anak sedunia adalah untuk memberikan dukungan dan menghilangkan rasa sakit atas penderitaan anak-anak yang sedang melawan kanker. Hal ini juga menjadi pengingat akan bahayanya kanker dengan berbagai dampak yang mematikan terhadap anak. Yuk kita ramaikan dengan menggunakan twibbon hari kanker anak-anak sedunia di bawah in ya sobat.

Namun, tahukah kamu sejarah awal terbentuknya hari kanker anak sedunia ini?

Sejarah Hari Kanker Anak-anak Sedunia

Sebenarnya sejarah hari Kanker anak-anak sedunia tidak terlepas dari peran dunia dalam memberikan anak-anak fasilitas yang baik untuk perawatan penyakit agar mendapat kesehatan yang optimal.

Kanker adalah salah satu penyakit tidak menular yang mematikan. Setiap tahunnya kanker selalu memakan banyak korban terlebih bagi anak. Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, justru kanker pada anak sangat sulit dideteksi karena sering terjadi secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan anak pada umumnya belum mampu mengekspresikan rasa sakit yang dirasakan.

Diketahui setiap tahunnya terdapat lebih dari 400.000 anak yang mendapat diagnosis kanker. Menurut catatan PAHO anak anak sekitar umur 0-19 tahun yang didiagnosis kanker sebanyak 280.000. selain itu di Amerika Latin, setidaknya setiap tahun ada sekitar 29.000 anak menderita kanker dengan rentan usia di bawah 19 tahun.

Hal inilah yang menjadi latar belakang terbentuknya Hari Kanker Anak-Anak Sedunia. Pada tahun 2002 WHO menetapkan Hari Kanker anak-anak sedunia atau International Chilhood Cancer Day serentak pada tanggal 15 Februari.

Pengobatan Kanker di Negara Berkembang Vs Negara Maju

Kemudian, selang Sembilan tahun yaitu tahun 2011 Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi mengeluarkan pernyataan politik tentang keberbahayaan penyakit kanker. PBB mengakui adanya empat penyakit yang mematikan dan kanker termasuk ke dalam salah satunya.

Selain ittu WHO juga meluncurkan system kekebalan anak dalam melawan kanker dengan rangka Global Initiative for Chilhood Cancer (GICC). GICC merupakan upaya untuk mengurangi penderitaan anak terhadap kanker. WHO mengharapkan untuk semua anak yang menderita kanker setidaknya anak tersebut dapat mencapai keberlangsungan hidup 60%.

Target sasaran ini akan berlangsung sampai tahun 2030. Kanker adalah penyakit yang sangat melelahkan, bukan hanya berat tetapi pengobatannya juga membutuhkan biaya yang besar. Di negara-negara yang sudah maju dengan penghasilan tinggi, layanan untuk anak penderita kanker mudah diakses maka tidak heran bisa menyembuhkan lebih dari 80% penderita.

Baca juga:  Lengkap Twibbon Hari Kavaleri dan Sejarah Singkat, Dirayakan Setiap Tanggal 9 Februari

Namun bagi negara-negara berkembang, layanan kesehatan untuk penderita kanker belum canggih dikarenakan banyaknya faktor seperti kekurangan alat-alatnya, obat-obatnya bahkan dalam hal finansial. Oleh karena itu yang bisa disembuhkan hanya sekitar 30% dari penderita kanker.

Twibbon Hari Kanker Anak-Anak Sedunia

Twibbon Hari Kanker Anak Anak Sedunia

Untuk memperingati hari kanker anak-anak sedunia dalam mendukung para penderita kanker agar lebih semangat untuk menjalani pengobatan dan sembuh. Berikut ada beberapa link twibbon hari Kanker Anak Sedunia yaitu:

Itulah sobat teknoni beberapa penjelasan mengenai Sejarah Hari Kanker Anak-Anak Sedunia dan link twibbonnya. Semoga kita semua lebih bisa memperhatikan sekitar dan mendukung anak-anak yang sedang berjuang dalam melawan penyakitnya.

Follow Berita Teknoni di Google News