Cara Membuat Rekening BRI
Cara Membuat Rekening BRI

Cara Membuat Rekening BRI

Hai Sobat Teknoni, apakah kamu ingin membuat rekening BRI? Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai produk perbankan, termasuk tabungan dan giro. Jika kamu belum memiliki rekening BRI, berikut adalah cara mudah membuatnya.

1. Siapkan Persyaratan

Sebelum membuat rekening BRI, pastikan kamu sudah mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP (jika ada), dan pas foto. Jangan lupa membawa fotokopi dokumen-dokumen tersebut.

2. Kunjungi Kantor Cabang BRI

Langkah selanjutnya adalah kunjungi kantor cabang BRI terdekat. Pilihlah kantor cabang yang paling mudah dijangkau dari tempat tinggal atau tempat kerjamu.

3. Ambil Nomor Antrian

Setelah sampai di kantor cabang BRI, ambil nomor antrian di mesin antrian yang tersedia. Tunggu hingga nomor antrianmu dipanggil.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah nomor antrianmu dipanggil, datanglah ke loket pendaftaran dan mintalah formulir pendaftaran. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.

5. Serahkan Dokumen

Setelah mengisi formulir pendaftaran, serahkan dokumen yang sudah dipersiapkan tadi beserta formulir pendaftaran ke petugas BRI yang bertugas.

6. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah dokumen dan formulir pendaftaran diserahkan, tunggulah proses verifikasi yang dilakukan oleh petugas BRI. Proses verifikasi ini akan memakan waktu beberapa menit.

7. Setor Uang Awal

Jika proses verifikasi berhasil, petugas BRI akan meminta kamu untuk menyetor uang awal sesuai dengan jenis tabungan yang kamu pilih. Jangan lupa untuk meminta bukti setor sebagai bukti pembayaran.

8. Terima Buku Tabungan

Setelah menyetor uang awal, petugas BRI akan memberikan buku tabungan baru yang sudah terdaftar atas namamu. Jangan lupa untuk mengecek buku tabungan tersebut apakah sudah terisi data yang benar.

9. Aktivasi Internet Banking

Jika kamu ingin mengaktifkan layanan internet banking, mintalah petunjuk kepada petugas BRI saat membuat rekening. Kamu akan diberikan kartu khusus dan token untuk mengakses layanan internet banking.

10. Aktivasi Mobile Banking

Jika kamu ingin mengaktifkan layanan mobile banking, mintalah petunjuk kepada petugas BRI saat membuat rekening. Kamu akan diberikan informasi mengenai cara mengaktifkan layanan mobile banking.

11. Aktivasi SMS Banking

Jika kamu ingin mengaktifkan layanan SMS banking, mintalah petunjuk kepada petugas BRI saat membuat rekening. Kamu akan diberikan informasi mengenai cara mengaktifkan layanan SMS banking.

12. Simpan Bukti Transaksi

Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi setiap kali melakukan transaksi di ATM atau melalui layanan perbankan BRI lainnya. Bukti transaksi ini akan sangat berguna jika terjadi masalah pada saldo atau transaksi kamu di kemudian hari.

Baca juga:  Cara Membuat Daftar Isi

13. Aktifkan Fitur Keamanan

Aktifkan fitur keamanan seperti PIN dan password untuk menghindari penyalahgunaan rekening BRI kamu. Jangan lupa untuk mengganti PIN dan password secara berkala untuk menjaga keamanan rekeningmu.

14. Gunakan Layanan Autodebet

Jika kamu memiliki tagihan rutin seperti pembayaran listrik atau telepon, gunakan layanan autodebet untuk memudahkan pembayaran tagihanmu setiap bulannya.

15. Jangan Berikan Informasi Rekening ke Orang Lain

Jangan memberikan informasi mengenai nomor rekening dan informasi keuanganmu kepada orang lain yang tidak dikenal atau tidak membutuhkan informasi tersebut.

16. Selalu Cek Saldo dan Mutasi Rekening

Selalu cek saldo dan mutasi rekeningmu secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan atau tidak sah pada rekening BRImu.

17. Gunakan Layanan Customer Service BRI

Jika ada masalah atau pertanyaan mengenai rekening BRImu, jangan ragu untuk menghubungi customer service BRI yang siap membantu kamu 24 jam sehari.

18. Gunakan Layanan ATM dan EDC BRI

Gunakan layanan ATM dan EDC BRI yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memudahkan transaksimu kapan saja dan di mana saja.

19. Aktifkan Fitur Notifikasi Transaksi

Aktifkan fitur notifikasi transaksi melalui SMS atau email untuk memberikan peringatan jika terjadi transaksi yang mencurigakan pada rekening BRImu.

20. Jangan Lupa Menyimpan Buku Tabungan

Jangan lupa untuk selalu menyimpan buku tabunganmu dengan baik dan jangan sampai hilang. Buku tabungan ini sangat penting sebagai bukti kepemilikan rekening BRImu.

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan cepat membuat rekening BRI. Dengan memiliki rekening BRI, kamu dapat menikmati berbagai layanan perbankan yang disediakan oleh BRI. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi rekeningmu. Sampai jumpa kembali di pembahasan kami yang menarik lainnya.

Jenis Tabungan Setoran Awal Suku Bunga
Tabungan BRI Simpedes Rp 20.000 0,5%
Tabungan BRI Britama Rp 100.000 0,2%
Tabungan BRI Britama Bisnis Rp 500.000 0,2%

Dengan memiliki rekening BRI, kamu juga bisa memanfaatkan layanan BRI Mobile dan BRI Internet Banking untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang BRI.

BRI memang lebih dari sekadar bank, Biarkan uangmu berlipat, dan jangan lupa selalu berjaga-jaga, agar keamananmu terjaga.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Membuat Rekening BRI ini, Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat rekening BRI. Sampai jumpa kembali di artikel Teknoni yang lain.

Pantun:

Tabungan BRI Simpedes menjadi pilihan,
Dengan setoran awal yang sangat terjangkau.
Kamu pun bisa menikmati layanan perbankan,
BRI selalu siap melayani dengan senang hati dan tulus cinta.