Cara Membuat Daftar Pustaka
Cara Membuat Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka

Hai Sobat Teknoni, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat daftar pustaka. Bagi kamu yang sedang menulis tugas akhir, skripsi, atau artikel ilmiah, daftar pustaka merupakan hal yang sangat penting. Daftar pustaka berfungsi sebagai referensi atau sumber pengutipan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, daftar pustaka harus disusun secara sistematis dan benar. Berikut cara membuat daftar pustaka yang benar:

1. Tentukan Gaya Penulisan Daftar Pustaka

Sebelum memulai menulis daftar pustaka, tentukan terlebih dahulu gaya penulisan yang akan digunakan. Gaya penulisan yang umum digunakan adalah APA, MLA, dan Chicago. Setiap gaya penulisan memiliki aturan yang berbeda-beda, oleh karena itu, pastikan kamu memahami aturan gaya penulisan yang akan digunakan.

2. Kumpulkan Referensi

Selanjutnya, kumpulkan referensi atau sumber pengutipan yang akan digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Referensi bisa didapatkan dari buku, jurnal, artikel, atau sumber informasi lainnya. Pastikan referensi yang digunakan valid dan akurat.

3. Susun Daftar Pustaka Secara Alfabets

Susun daftar pustaka secara alfabetis berdasarkan nama pengarang. Jika ada lebih dari satu karya yang ditulis oleh pengarang yang sama, susun karya tersebut berdasarkan tahun terbitnya. Jika ada lebih dari satu karya yang ditulis oleh pengarang yang sama pada tahun yang sama, beri tanda a, b, c, dan seterusnya pada tahun terbitnya.

4. Gunakan Format yang Benar

Gunakan format yang benar sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan. Setiap gaya penulisan memiliki aturan yang berbeda-beda. Pastikan kamu memahami aturan format yang benar dan gunakan format tersebut dengan konsisten.

5. Contoh Daftar Pustaka

Buku Jurnal Artikel
Winarski, J. T. (2017). Introduction to data visualization. New York: Springer. Smith, J. (2019). The effects of social media on mental health. Journal of Psychology, 26(3), 45-57. Lee, S. (2018). The impact of technology on education. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/education-and-more/201808/the-impact-technology-education

Kesimpulan

Membuat daftar pustaka memang terlihat sepele, namun sangat penting bagi penulisan karya ilmiah. Dengan mengikuti cara membuat daftar pustaka yang benar, kamu dapat memastikan referensi yang digunakan valid dan akurat. Selain itu, kamu juga dapat menghindari plagiarisme yang dapat merugikan diri sendiri maupun institusi. Oleh karena itu, pastikan kamu memahami aturan dan cara membuat daftar pustaka yang benar.

Baca juga:  Cara Membuat Undangan Digital

Sampai jumpa kembali di pembahasan kami menarik lainnya.

Buat sobat Teknoni, pantun ini aku persembahkan:

Membuat daftar pustaka
Bukanlah hal yang remeh-temeh
Dengan gaya dan format yang benar
Referensi yang digunakan jadi sah