Cara Membuat VPN Supaya Internet Kantor Bisa diakses di Rumah

Cara Membuat VPN Supaya Internet Kantor Bisa diakses di Rumah

Kamu sedang WFH? Jika ya, kamu mungkin merasa bingung mengapa ada beberapa website yang awalnya bisa kamu gunakan di kantor tetapi tidak bisa di buka dengan internet rumah bukan?. Jika ya, kamu mungkin harus memasang VPN di kantor agar bisa juga kamu gunakan di rumah. Bagaimana cara membuat VPN supaya internet kantor bisa diakses di rumah?

Cara Membuat VPN Kantor ke Rumah

VPN singkatan dari Virtual Private Network. Jaringan ini adalah jaringan yang digunakan untuk membantu menyembunyikan IP address dari jaringan umum supaya bisa mengakses website yang diblokir dengan jaringan internet biasa.

Pada dasarnya langkah setting VPN ini tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan 3 langkah saja yaitu minta akses, setting VPN dan melakukan pengecekan. Bagaimana langkahnya? Ini dia ulasannya.

Minta akses VPN

Untuk bisa menggunakan VPN kantor, sangat penting untuk meminta akses terlebih dahulu. Untuk meminta akses ini kamu bisa datang ke bagian NOC atau Network Operation Control. Jika tidak ada bagian khusus NOC, kamu bisa datang ke tim IT atau ke bagian jaringan di kantor kamu.

Mintalah akses terlebih dahulu mintalah juga penjelasan mengenaik cara membuat VPN supaya internet kantor bisa diakses di rumah. Hal ini agar nantinya tidak terjadi salah paham.

Jika kantor kamu mengizinkan, maka kamu akan mendapatkan 3 informasi penting yaitu IP Address, Username dan juga Password. Informasi ini nantinya akan kamu gunakan untuk setting VPN dan juga mengakses VPN dari rumah kamu.

Baca juga: Cara Mengetahui IP CCTV Orang Lain

Cara Membuat VPN: Melakukan setting VPN

Setelah kamu mendapatkan informasi mengenai IP address, username, dan password dari bagian jaringan di kantor kamu, saatnya kamu melakukan setting VPN untuk melengkapi cara membuat VPN. Untuk melakukan setting VPN ini, kamu bisa mengikuti langkah ini.

  • Masuk ke bagian search, cari VPN klik
  • Klik bagian “Add a VPN Connection
  • Ketika sudah muncul isi VPN Provider dengan Windows (built-in) bagian ini tidak perlu diisi manual karena Windows sudah menyediakannya.
  • Klik bagian “Connection name” dan isi dengan nama VPN kantor
  • Klik bagian “server name” isi informasi IP Address
  • Klik bagian “VPN type” dan klik “automatic” biasanya sudah terisi secara otomatis.
  • Biarkan bagian “Type of sign-in” terisi dengan “username and password”
  • Klik bagian “Username”, isi dengan informasi username dari kantor
  • Klik bagian “Password”, Isi dengan informasi password dari kantor.
    Sesungguhnya bagian username dan password bisa di skip karena sifatnya memang opsional. Langkah terakhir adalah dengan klik save.
Baca juga:  Inilah Rekomendasi 7 CCTV Rumah Kualitas Terbaik Harga Murah

Menggunakan Koneksi VPN yang sudah dibuat

Setelah VPN berhasil dibuat, VPN akan muncul di halaman VPN di bagian bawah “Add a VPN Connection”. Setelah VPN ini berhasil dibuat maka saatnya kamu mengecek apakah VPN yang kamu buat bisa digunakan atau tidak. Untuk mengecek apakah VPN yang kamu buat bisa digunakan atau tidak berikut ini langkahnya.

  • Klik VPN kantor yang sudah di setting sebelumnya
  • Setelah itu akan muncul jendela yang meminta username dan juga password
  • Kamu bisa isi dengan username dan password yang kamu dapatkan dari kantor
  • Klik connect

Jika setting dilakukan dengan benar, dalam hitungan detik kamu akan terhubung dan bisa menggunakan VPN yang sudah di setting sebelumnya. Akan tetapi jika kamu masih belum bisa terkoneksi dengan VPN kantor, maka kemungkinan ada kesalahan pada informasi VPN yang kamu masukkan.

Untuk mengeceknya, kamu bisa cek ulang sambungan VPN yang sudah kamu buat, baik dari IP Address, username atau dari password. Jika semuanya benar, kamu bisa tanyakan kembali pada bagian jaringan di kantor apakah informasi yang diberikan benar atau ada kesalahan.

Demikian informasi mengenai cara membuat VPN supaya internet kantor bisa diakses di rumah. Semoga internetmu semakin lancar ya sobat Tekno!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *