Cara Membuat Link Download dari Google Drive

Bagaimana Cara Membuat Link Download dari Google Drive?

Masih bingung bagaimana cara membuat link download dari Google Drive? Yuk cari tahu caranya dengan membaca informasi lengkap di bawah ini!

Cara Membuat Link Download dari Google Drive

Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang telah menyediakan banyak sekali kemudahan bagi umat manusia. Google sendiri mempunyai cukup banyak produk seperti Google E-Mail, Google Map, Google Earth, Google Adsense, Google Chrome, Google AdWords, Google Books, Google Plus, Google Drive, dan masih banyak lagi. Di artikel ini akan membahas mengenai Google Drive.

Google Drive adalah layanan berbasis online yang dikembangkan oleh Google dan berfungsi sebagai penyimpanan file baik itu dokumen, gambar, atau video yang nantinya akan disimpan dalam bentuk link download. File ini bisa disimpan di Google Drive dalam berbagai bentuk format misalnya seperti file gambar JPG, JPEG, GIF, dan lain-lain atau dokumen dalam format DOC, TXT, XLS, atau format lain.

Google Drive ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan file atau data saja tetapi juga membagikan dan juga mencadangkan file. Link download sendiri berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam hal membagikan file atau data. Lantas bagaimana cara membuat link download dari Google Drive, berikut ini adalah penjelasanya.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Drive kemudian login ke akun Google jika Anda masih baru saja membukanya.
  2. Setelah itu klik tombol “Baru” dan pilih “Upload file”.
  3. Agar lebih rapi dan mudah maka Anda bisa membuat folder di Google Drive.
  4. Pilihlah file atau data yang ingin Anda upload an tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Klik kanan file yang sudah berhasil di upload dan klik opsi “Dapatkan link yang bisa dibagikan”.
  6. Kemudian aktifkanlah tombol berbagi dan dengan begitu link download pun akan langsung dibuat. Setelah itu pun link akan secara otomatis disalin.
  7. Klik kanan pada kolom situs browser dan klik “Paste” lalu buka atau tekan enter.
  8. Sekarang pun file Anda sudah bisa dibagikan dengan menggunakan link download.

Bagaimana Cara Berbagi File Melalui Link Google Drive?

Kamu juga bisa berbagi file melalui link yang ada di Google Drive kepada orang lain. Cara ini akan sangat cocok untuk digunakan Anda yang malas memasukkan email orang lain satu per satu saat akan berbagi. Cara berbagi file melalui link pun sangatlah mudah, berikut ini adalah caranya yaitu:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari file yang ingin dibagikan terlebih dahulu di Google Drive.
  2. Setelah itu klik kanan jika menggunakan PC dan pilih opsi “Share”.
  3. Jika sudah muncul jendela baru bertuliskan “Share with others” maka pada bagian kanan atas akan terdapat tulisan “get shareable link” klik lalu bagian kolom bawah pun akan berubah.
  4. Setelah kolom bawah berubah maka akan disediakan link dan disuguhkan beberapa pilihan mengenai batasan akses. Pembatasan akses diantaranya orang yang akan membuka file tersebut mulai dari melihat, mengedit, hingga mengomentari.
  5. Jika sudah memilih pilihan Anda maka klik “Copy link” dan bagikanlah link tersebut kepada orang lain yang membutuhkannya.
  6. Disarankan, jika Anda ingin membagikan file tersebut kepada banyak orang misalnya seperti grup kelas maka pilihlah batasan akses “Can view”. Dengan itu, Anda bisa mencegah adanya seseorang yang akan mengubah isinya, menambahkan file yang tidak diperlukan, bahkan menghapus file.
Baca juga:  Tips dan Cara Bypass Icloud Iphone Dengan Langkah Mudah

Cara Memendekkan Link Google Drive

Mungkin tidak apa jika Anda memilih “Can comment” pada file karena mungkin saja komentar atau pesan dari pihak lain dibutuhkan barangkali pada file yang dibagikan terdapat kesalahan atau tidak lengkap.

Jika Anda merasa link yang dibagikan itu terlihat terlalu panjang maka Anda juga bisa memendekkannya terlebih dahulu. Misalnya seperti link yang karakternya lebih dari 70 maka bisa diubah menjadi link yang karakternya kurang lebih sebanyak 25 karakter saja.

Caranya adalah buka terlebih dahulu situs Bit.ly di halaman browser kemudian salin link Google Drive dan klik tombol “shorten”. Setelah itu link pun akan berubah menjadi lebih pendek. Untuk hasilnya pun bisa bervariasi. Jika Anda ingin linknya menjadi sesuai keinginan maka Anda bisa mencoba meng-upgrade akun ke premium.

Bisakah Menonaktifkan Link Download di Google Drive?

Terkadang ada beberapa masalah yang tidak diduga sebelumnya misalnya seperti yang sudah di singgung sedikit di atas bahwa ada juga seseorang yang mempunyai niat jahat untuk bisa mengganti bahkan menghapus file yang sudah anda bagikan. Oleh karena itu Google Drive juga mempunyai fitur atau kemampuan untuk bisa menonaktifkan link download pada file yang sudah dibagikan tersebut jika Anda ingin membatasi akses atau hal-hal yang lainnya. Berikut ini adalah caranya:

Pertama adalah Anda perlu klik kanan pada file yang sudah Anda bagikan sebelumnya dan klik pada tombol “Shareable link”, maka nantinya tombol tersebut tidak akan berwarna hijau kembali yang mana hal itu menandakan bahwa link sudah tidak bisa berfungsi lagi.

Google Drive ini merupakan layanan penyimpanan file / data, di mana dapat dipercaya, sebab berada dalam naungan dari perusahaan besar Google. Selain itu Google pun mampu memberikan jaminan keamanan data atau file yang disimpan di dalam akun Google Drive.

Baca juga:  Tips dan Cara Bypass Icloud Iphone Dengan Langkah Mudah

Google Drive memberikan fitur yang mana semua pihak yang ingin mengunduh file pada drive harus di scan terlebih dahulu untuk menghindari ancaman malware, virus dan hal lain yang bisa merusak komputer dan sistem dengan syarat file yang diunduh mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar.

Baca juga: Tips dan Cara Bypass Icloud Iphone Dengan Langkah Mudah

Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Mengunggah File Ukuran Besar

Jika file yang diupload ukurannya terlalu besar maka biasanya Google akan menonaktifkan fitur ini karena scan file yang ukurannya cukup besar akan memakan waktu yang cukup lama pula apalagi jika koneksi Internetnya tidak terlalu bagus.

Oleh karena itu sebelum mengunduh file yang besar dari Google Drive pastikan terlebih dahulu apakah pihak pengunggah file atau data tersebut adalah pihak yang bisa dipercaya apa tidak. Atau apakah sudah ada banyak orang yang mengunduh file tersebut, dan jangan lupa pula untuk melihat review dari orang-orang yang sudah mengunduh file tersebut. Hal ini agar Anda bisa merasa nyaman dan aman ketika menggunakan file tersebut.

Cara-cara di atas bisa diaplikasikan pada semua gadget atau PC yang mendukung pemakaian Google Drive baik itu dari aplikasi atau browser sekalipun. Selain itu karena sebagian besar Google menggunakan user interface yang sama untuk semua platformnya maka kamu juga bisa menerapkan cara-cara ini di Google Sheets, Google Docs, dan Google Slides.

Sekian informasi mengenai cara membuat link download dari Google Drive yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata dan terima kasih sudah bersedia membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Sampai jumpa lagi di artikel informatif lainnya dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *