Aplikasi Mind Mapping Gratis

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis Untuk Implementasikan Ide Kreatif

Punya ide kreatif tentang bisnis, pelajaran, atau apa saja terkadang butuh media untuk menuangkannya. Jika dulu, spidol dan kertas jadi senjata paling ampuh sebagai medianya. Sekarang sudah ada aplikasi mind mapping gratis, yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda.

Cara kerja aplikasi ini sangat mudah, tinggal buat ide utama yang muncul dari kepala atau inti dari sebuah pelajaran yang berhasil Anda tangkap. Kemudian, beri garis untuk menghubungkan masing-masing ide atau inti tersebut sehingga membuat sebuah kesimpulan yang bernas.

Mengenal Mind Mapping

Jika melihat definisinya, mind map merupakan salah satu cara untuk melakukan brainstorming pikiran. Sehingga seseorang bisa menyusun ide-ide kreatif yang mereka punya menjadi sebuah struktur yang jelas.

Nantinya, hasil dari mind map dapat dipakai ketika melakukan meeting dengan tim kreatif kantor. Bisa juga digunakan untuk mempermudah pemahaman anak kuliah, tentang materi yang diberikan oleh dosen.

Biasanya untuk pemahaman sederhana, ide utama yang Anda miliki akan ditempatkan pada bagian tengah mind map, kemudian ide pendukungnya berada di berbagai sisi dan saling berhubungan.

Manfaat Mind Mapping

Banyak manfaat yang bisa didapat ketika Anda menggunakan konsep mind mapping untuk berbagai pekerjaan maupun pemahaman terhadap mata pelajaran dan mata kuliah. Beberapa diantaranya adalah:

Mental Triggers

Dengan adanya gabungan gambar, hubungan, dan warna yang menarik, akan memicu mental triggers untuk mudah menghafal apa yang tersaji. Ini akan memudahkan siapapun memahami maksud yang mau Anda sampaikan.

Tidak Monoton

Jika penjelasan dosen atau guru membosankan, Anda bisa membuatnya jadi lebih menyenangkan dengan menggunakan mind mapping. Sehingga tidak ada lagi pelajaran yang menjadi monoton untuk dipahami.

Mudah Dicerna Otak

Otak akan lebih mudah mencerna penjelasan lewat gambar mind mapping, makanya semakin sering Anda menggunakannya akan semakin terbuka wawasan tentang banyak hal yang selama ini sulit dipahami.

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis

Dari sekian banyak aplikasi mind mapping yang tersedia pada platform pencarian. Tujuh diantaranya bisa dijadikan pilihan, untuk membantu ide kreatif Anda supaya tidak hanya berkembang di dalam kepala saja. Mau tahu apa sajakah aplikasi tersebut?

1. Canva

Sebagai salah satu aplikasi di bidang desain grafis hingga mind mapping terbaik, Canva memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menuangkan idenya dalam bentuk yang lebih sederhana. Untuk membuatnya tampak sempurna, bisa menambahkan berbagai ikon, foto, dan bentuk-bentuk menarik.

Baca juga:  Bagaimana Cara Buka Aplikasi Android di Laptop Pakai Emulator atau Aplikasi?

Aplikasi ini sering dipakai untuk membuat mind mapping bisnis, proyek strategis, hingga memudahkan pemahaman tentang materi pelajaran di bangku kuliah.

Canva juga menyediakan berbagai fitur dan template yang akan menunjang pembuatan mind mapping terbaik. Anda juga bisa membuat skala tertentu dari mind mapping yang dibuat, termasuk mengedit drag and drop dasar agar posisi masing-masing poin jadi lebih proporsional.

Bukan saja menuangkan ide satu orang saja, dengan memilih fitur team, maka Anda bisa menggabungkan ide hingga 10 orang lho. Pastinya akan sangat membantu membuat sebuah konsep bisnis yang lebih tepat.

2. Gitmind

Boleh dibilang kalau aplikasi ini jadi salah satu yang terbaik dan pastinya bisa diunduh secara gratis. Kenapa bisa begitu? Karena Gitmind memungkinkan pengguna membuat mind mapping dengan berbagai bentuk yang diinginkan. Baik itu diagram, flowchart, hingga grafis yang paling kompleks sekalipun.

Fitur-fitur yang disediakannya, membuat penyimpanan ide jadi terasa lebih menyenangkan. Seperti fitur peta riwayat yang memungkinkan Anda melihat riwayat mind mapping yang pernah dibuat. Kemudian ada fitur outline mode, premade, project management hingga team collaboration.

Aplikasi ini juga bisa digunakan pada berbagai perangkat, jadi ketika tiba-tiba Anda mendapatkan ide baru ketika sedang berada di luar kantor. Tinggal buka aplikasinya melalui ponsel dan gabungkan dengan mind mapping yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Coggle

Aplikasi ini digunakan dengan memanfaatkan diagram alir, dimana tampilannya sangat sederhana sehingga mudah dipahami. Selain itu, Coggle juga bisa diubah-ubah sesuai dengan perubahan ide yang Anda punya.

Uniknya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi ide dengan orang lain. Sangat cocok ketika Anda dan tim kerja ingin membuat sebuah konsep kerja bersama yang sempurna.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan hasil brainstorming yang dibuat, menggunakan berbagai format penyimpanan. Mulai dari JPEG, hingga PDF.

Cara kerjanya dimulai dengan menetapkan tema utama ide, kemudian tambahkan tema pendukungnya menggunakan fitur (+). Anda juga diperbolehkan menambahkan tautan , ikon, teks, hingga gambar untuk mempermudah pemahaman dari tema utama yang diusung.

4. Ayoa

Aplikasi ini memberikan sebuah bentuk kreatif dari mind mapping. Fokus dari aplikasi ini adalah memaksimalkan kolaborasi dalam sebuah tim dalam membuat ide kreatif yang tepat sasaran.

Grafis yang ditampilkan berbentuk awan yang akan memudahkan pemahaman siapapun tentang ide Anda dan tim. Ada juga beberapa fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan. Seperti list tugas yang perlu dituntaskan terkait mind mapping yang dibuat.

Baca juga:  Perekam Layar PC, Aplikasi Terbaik Untuk Record Monitor

Kemudian Anda juga bisa memantau progress atau perkembangan sejauh mana pekerjaan yang dilakukan berdasarkan mind mapping sudah berjalan. Hebatnya lagi, Ayoa bisa disimpan dan dibagikan melalui berbagai platform, sebut saja Dropbox, Google Drive, hingga Google kontak.

Baca juga: Bagaimana Cara Buka Aplikasi Android di Laptop Pakai Emulator atau Aplikasi?

5. SimpleMind

Untuk membuat presentasi mind mapping Anda tidak monoton, aplikasi ini menyediakan fitur suara dan video untuk mempertegas setiap poin yang ditampilkan. Jadi, siapa saja yang melihatnya akan mudah mengerti apa maksud yang mau disampaikan.

Ada juga fitur hebat lainnya yaitu import dokumen PDF menjadi mind map, jadi Anda bisa lebih hemat waktu untuk membuat konsep secara manual. Ketika informasi dari PDF sudah dituangkan, Anda tinggal merapikan dan menyempurnakannya dengan tampilan menarik dan penambahan ide yang lebih tepat sasaran.

Ada juga toolbar yang super lengkap dan bisa dipakai sesuai kebutuhan mind mapping Anda. Kontrol tampilan juga bisa dilakukan sehingga tampilan ide lebih eye catching dan siap untuk jadi bagian presentasi kerja Anda.

6. XMind

Hampir sama dengan aplikasi mind mapping lainnya, XMind memberikan banyak fitur yang akan memudahkan siapa saja untuk membuat sebuah konsep ide yang mudah dipahami. Pembedanya ada pada beberapa desain chart yang tersedia. Karena ada yang namanya fishbone hingga organizational chart.

Pada aplikasi ini, selain menuangkan ide, Anda juga bisa mengkajinya dengan lebih maksimal. Sehingga kesimpulan yang didapat menjadi lebih sempurna.

7. Sketchboard

Walaupun masih memakai konsep sederhana seperti sticky note, namun untuk beberapa kalangan akan lebih menyenangkan. Karena penjelasan dari setiap poin jadi lebih lengkap. Pola mind mapping akan dibuat berdasarkan catatan-catatan yang sudah dikonsep.

Kemudian dikembangkan dalam bentuk grafis menarik menggunakan garis penghubung antar catatan. Aplikasi ini akan sangat memudahkan ketika Anda melakukan presentasi mind mapping, sebab tersedia fitur rekam komentar yang bisa dijadikan masukan langsung ke posisi poin yang dikomentari.

Sudah siap untuk menuangkan ide brilian Anda dalam sebuah aplikasi mind mapping gratis? Jangan tunda lagi, supaya semakin banyak ide kreatif yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak nilai mata kuliah Anda, hingga memaksimalkan bisnis yang sedang dikembangkan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *