Cara Buka Aplikasi Android di Laptop

Bagaimana Cara Buka Aplikasi Android di Laptop Pakai Emulator atau Aplikasi?

Sistem operasi Android sudah menjadi bagian kecanggihan ponsel, bahkan dari 89 % pengguna ponsel di Indonesia sebagian besarnya memilih ponsel berbasis Android. Alasannya sangat banyak, salah satunya karena tampilan dan aplikasinya bisa dibuka pada laptop dengan cara membuka aplikasi android di laptop yang super mudah. Jadi, buat Anda yang mau memanfaatkan laptop untuk mengakses aplikasi dari android tentu sangat terbantu dengan adanya cara yang tepat untuk itu. Bagi Anda yang penasaran, yuk simak informasi cara buka aplikasi android di laptop berikut.

Cara Buka Aplikasi Android di Laptop Pakai Emulator

Apa itu emulator? Dalam istilah pemrograman merupakan sebuah software yang bisa menjalankan sistem operasi sekelas Android pada perangkat selain ponsel yaitu laptop bahkan mac. Jika Anda menggunakan emulator ini, maka semua aktivitas yang biasa dilakukan pada ponsel dapat dilakukan melalui laptop.

Sejak beberapa tahun lalu, emulator Android sudah banyak diciptakan, beberapa diantaranya jadi populer. Seperti Bluestack dan MEmu Play. Berikut ini cara buka aplikasi favorit Anda di Android, melalui laptop menggunakan emulator.

BlueStack

Emulator ini bisa membantu Anda untuk “memindahkan Android ke laptop” dengan sangat mudah. Jadi, ketika pekerjaan di depan laptop menumpuk sementara Anda juga butuh aktivitas melalui ponsel. Maka BlueStack bisa jadi solusinya.

  1. Untuk menggunakan emulator ini, Anda bisa ikuti langkah berikut:Pastikan untuk mengunduh BlueStack terlebih dahulu melalui situs resminya, supaya Anda bisa menikmati semua fitur yang ada pada emulator tersebut. Cara unduhnya juga sangat mudah, tinggal buka situsnya, lalu pilih tombol download dan pastikan untuk memilih versi terbarunya, untuk mendapatkan kepuasan lebih maksimal saat menjalankan Android melalui emulator ini.
  2. Lanjutkan dengan proses instalasi agar BlueStack terpasang sempurna pada laptop. Caranya dengan membuka folder emulator yang sudah tersedia di media penyimpanan laptop, kemudian pilih folder install dan ikuti proses instalasinya sampai selesai.
  3. Jika sudah selesai, maka Anda akan melihat ikon BlueStack sudah tersedia pada desktop. Klik ikon tersebut untuk menjalankan emulator.
  4. Untuk pengguna awal, Anda akan diminta melakukan registrasi. Bisa menggunakan akun email yang aktif, bisa juga dengan membuat akun baru dengan email baru. Prosesnya sama dengan registrasi pada akun-akun media sosial dan lainnya. Anda tinggal ikuti hingga proses selesai.
  5. Saatnya untuk masuk ke halaman BlueStack, kemudian pada kolom search tinggal ketik nama aplikasi yang ingin diunduh pada laptop. Lalu biarkan emulator ini mengunduhnya untuk Anda.
Baca juga:  Aplikasi Edit Video Terbaik Buat PC dan Smartphone

Selain aplikasi, game favorit yang biasa dimainkan pada ponsel juga bisa diunduh melalui emulator ini sehingga Anda dapat memainkannya di laptop dengan versi tampilan Android yang pastinya sudah familiar dipakai.

Baca juga: Perekam Layar PC, Aplikasi Terbaik Untuk Record Monitor

Untuk bisa menggunakan BlueStack dengan maksimal, pastikan laptop Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang mencukupi. Karena emulator ini ukurannya cukup besar, jika kapasitas penyimpanan laptop kecil maka kemungkinan tidak bisa dijalankan dengan maksimal.

MEmu Play

Hampir sama dengan BlueSTack, emulator MEmu Play juga perlu diunduh dan diinstal terlebih dahulu ke laptop yang biasa digunakan. Setelah itu, Anda tinggal ikuti cara berikut supaya aplikasi favorit di Android bisa dijalankan melalui laptop.

  1. Anda bisa mengunduh emulator ini, melalui berbagai platform yang tersedia di internet. Atau langsung masuk ke situs resminya.
  2. Selanjutnya proses instalasi harus dilakukan hingga muncul ikon emulator pada desktop.
  3. Buka emulator, kemudian login menggunakan akun Google Anda agar bisa mengunduh aplikasi Android melalui Google Play, seperti yang biasa Anda lakukan ketika akan mengunduh aplikasi di ponsel Android.
  4. Setelah Google Play muncul, maka Anda bisa langsung mengetik nama aplikasi yang mau diunduh dan digunakan pada laptop.
  5. Jika sudah muncul, tinggal pilih tombol install di bawah nama aplikasi tersebut. Tunggu sampai proses selesai dan simbol aplikasi muncul di halaman utama MEmu Play.
  6. Silahkan buka aplikasi tersebut dengan menekan simbolnya sebanyak dua kali. Lalu Anda sudah bisa menggunakannya seperti pada ponsel.

Semua jenis aplikasi yang bisa diunduh melalui ponsel Android, pastinya juga bisa Anda unduh di laptop melalui MEmu Play. Jadi, ketika HP sedang proses pengisian daya maka untuk sementara aktivitas HP bisa dipindahkan pada laptop tanpa masalah.

Baca juga:  7 Aplikasi Mind Mapping Gratis Untuk Implementasikan Ide Kreatif

Mau Buka Aplikasi Pakai Sistem Operasi Berbasis Android? Begini Caranya

Selain menggunakan emulator di atas, Anda juga dapat memanfaatkan sistem operasi berbasis Android yang cocok digunakan pada laptop atau komputer. Cara ini banyak dipilih untuk para gamers yang ingin bermain game favorit dari HP melalui laptop.

Salah satu yang sering digunakan adalah Phoenix OS, karena dinilai ringan dan sangat nyaman saat digunakan membuka aplikasi.

Install Phoenix OS

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, menginstall sistem ini pada laptop Anda. Caranya cukup kompleks. Laptop yang cocok menggunakan sistem ini minimal harus memiliki spesifikasi Processor dual core, dengan memori penyimpanan serta RAM masing-masing 2 GB. Mau tahu cara instalasinya?

  1. Unduh terlebih dahulu installer dari Phoenix OS, yang bisa dicari melalui internet.
  2. Lanjut dengan melakukan instalasi Phoenix OS dengan mengikuti prosedur yang diminta sistem. Pastikan bahwa semua proses diikuti dengan benar sampai tuntas.
  3. Anda perlu melakukan pengaturan drive penyimpanan pada sistem ini, termasuk mengatur berapa kapasitas penyimpanan internal yang akan digunakan
  4. Pada opsi boot yang muncul, Anda tinggal pilih Phoenix OS dan biarkan booting berlangsung.
  5. Setelah itu lakukan pengaturan perdana dari Phoenix OS, sehingga bisa digunakan untuk membuka berbagai aplikasi Android. Memang terkesan rumit, tapi sistem ini

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Buat PC dan Smartphone

Gunakan Phoenix OS

Jika Phoenix OS sudah siap digunakan, maka Anda bisa langsung mengunduh dan instalasi aplikasi Android yang diinginkan. Bisa dengan memanfaatkan Google Play, dengan mengunduh platform tersebut lebih dulu. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh melalui sumber lain.
Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa membuka aplikasi Android yang sudah diunduh melalui sistem operasi ini.

Baca juga:  9 Aplikasi Trading Saham Terbaik, Raih Untung Bersama Forex Trading Online

Manfaat Buka Aplikasi Android di Laptop

Mungkin sebagian orang mungkin menilai, bahwa menggunakan emulator atau sistem operasi hanya untuk membuka aplikasi Android di laptop adalah sangat ribet. Namun ada juga yang sangat terbantu dengan sistem ini. Lantas apa saja manfaatnya?

Layar Lebih Besar

Anda akan lebih nyaman bermain game Android di laptop kesayangan, sebab layar laptop lebih besar. Akan membuat Anda puas bermain atau sekedar membuka aplikasi favorit.

Bisa Dilakukan Sambil Kerja

Tanpa harus tiap sebentar melihat layar HP, dengan menampilkan aplikasi Android di layar laptop maka Anda akan lebih nyaman kerja. Karena bisa dilakukan sambil memantau aktivitas dunia maya, terutama untuk Anda yang menyimpan berkas kerja di dalam HP.

Mulai sekarang, Anda sudah bisa lebih melek teknologi dengan memanfaatkan emulator atau sistem operasi yang mendukung penggunaan HP melalui laptop. Cara membuka aplikasi android di laptop, juga bisa dipilih untuk mempermudah proses buka aplikasi favorit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *