Cara Reset Printer Epson L350

Inilah Cara Reset Printer Epson L350

Banyak orang yang ingin mengetahui terkait dengan cara reset printer epson L350 karena printer ini merupakan salah satu jenis printer yang banyak dimiliki oleh orang-orang. Kenapa reset printer itu penting? Perlu diketahui bahwa printer tidak jarang mengalami masalah ketika akan digunakan, sampai-sampai membuat kesal karena dapat menghambat pekerjaan. Hal ini juga acapkali terjadi pada jenis printer Epson L350.

Umumnya, masalah yang sering dijumpai yaitu printer yang mendeteksi tempat pembuangan yang penuh. Padahal biasanya sudah diatur sendiri terkait dengan tempat pembuangan dengan sedemikian rupa.

Penting Mengetahui Cara Mereset Printer Epson L350 Untuk Mengatasi Error

Lalu bagaimana jika masalah tetap terjadi padahal sebelumnya sudah melakukan antisipasi demikian? Apabila kamu sudah membuat tempat untuk pembuangan, jangan panik jika ternyata masalah masih tetap muncul.

Biasanya printer akan melakukan pendeteksian terkait penuh tidaknya Ink Pad Printer tidak dari tempat yang digunakan sebagai pembuangan, melainkan dari aktivitas percetakan sebelumnya. Oleh karenanya, jangan heran apabila printer mengalami masalah ini sementara tempat untuk pembuangan telah dibuat.

Ketika printer mengalami masalah atau error, biasanya akan ada tanda atau kode yang diberikan, yaitu lampu indikator printer menyala blink atau bergantian. Selain itu, akan ada peringatan error di layar komputer yang tersambung pada printer.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis printer dengan seri yang berbeda akan memberikan kode peringatan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, perlu mengetahui kode peringatan dari printer yang digunakan.

Kode peringatan pada ada printer epson seri L350 biasanya tidak berbeda dengan seri lainnya. Perintah itu umumnya akan terdapat kata-kata seperti Ink Waste is Full atau Ink Pad is At The End of The Service Live.

Baca juga:  Driver Printer HP Deskjet GT 5810

Sebenarnya error pada printer seperti ini merupakan masalah kecil, sayangnya tidak sedikit orang yang tidak mengetahui cara untuk mengatasinya dan merasa bingung.

Apalagi bagi orang-orang yang tidak begitu mengetahui terkait dengan dunia percetakan tentunya hal ini menjadi masalah berarti. Tidak perlu panik, karena untuk mengatasinya bisa mencoba sendiri terlebih dahulu sebelum dibawa ke jasa reparasi.

Lalu Bagaimana Cara Untuk Reset Printer Epson L350?

Pada dasarnya ada dua cara yang umumnya dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi masalah printer error ini. Cara pertama yaitu mengatasi printer error secara manual dengan menggunakan tombol yang terdapat pada printer sehingga tidak perlu menggunakan software.

Cara kedua yaitu menggunakan software resetter yang tujuannya sebenarnya sama halnya dengan cara sebelumnya yaitu untuk reset printer, hanya saja ini membutuhkan software. Software resetter untuk setiap printer tentunya berbeda-beda sehingga juga harus mengetahui dengan baik Software apa yang tepat digunakan.

1. Mengatasi Printer Epson L350 Secara Manual Tanpa Software Resetter

Tidak bisa dipungkiri, memang banyak orang yang malas untuk mendownload atau membeli software untuk reset printer. Bagi yang ingin mencoba mereset printer tanpa menggunakan software resetter, maka bisa menggunakan cara manual. Perlu diketahui bahwa cara ini cukup simpel dan mudah, bahkan bisa dipraktikkan oleh siapapun.

Umumnya, penanganan printer error dengan cara reset manual dilakukan ketika muncul masalah saat konfigurasi software resetter, Jadi cara manual ini tidak lagi membutuhkan software atau semacamnya. Mudah sekali, karena kamu hanya perlu memanfaatkan tombol yang ada pada printer.

Baca juga: Cara Paling Mudah Download Driver Epson L120

Meskipun demikian, tetap harus memperhatikan waktu jeda ketika menggunakan tombol. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Apabila printer masih menyala, maka matikan terlebih dahulu. Selanjutnya, kabel yang terhubung pada laptop atau komputer dicabut terlebih dahulu, tunggulah selama kurang lebih 10 menit.
  • Jika sudah 10 menit, selanjutnya printer dinyalakan dan biarkan sampai printer diam tidak berbunyi.
  • Selanjutnya, tekan tombol Resume selama kurang lebih 10 detik, lalu lepaskan selama 2 detik.
  • Lakukan hal yang sama, yaitu tekan tombol Resume selama 10 detik, kemudian lepaskan lagi,
  • Dengan demikian maka printer akan melakukan reset.
Baca juga:  Cara Paling Mudah Download Driver Epson L120

Saat reset, lampu indikator tinta maupun lampu power yang awalnya berkedip atau blink, akan berhenti, hanya terlihat warna lampu hijau yang menyala. Pada intinya, dalam tahapan reset secara manual, kamu hanya perlu menggunakan tombol Resume sebanyak tiga kali.

Namun jeda waktu untuk menekan harus diperhatikan dengan baik. Kemudian cobalah untuk mencetak atau printing untuk mengetahui masalah sudah terselesaikan atau belum.

2. Mengatasi Printer Epson L350 Dengan Bantuan Software Resetter

Selain melakukan reset manual pada printer epson, kamu juga bisa menggunakan bantuan software resetter untuk mengatasi masalah error. Dapat dikatakan bahwa cara ini cukup sering digunakan oleh orang-orang ketika mendapati printer yang bermasalah. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan software ini, reset akan dilakukan secara otomatis. Pada dasarnya, proses konfigurasi software ini sama halnya dengan printer lainnya, hanya saja software setiap printer tidaklah sama.

Karena setiap printer memiliki software resetter yang berbeda, maka terlebih dahulu harus mendownload software resetter untuk jenis printer epson L350. Biasanya software ini bisa didapatkan di berbagai website, kami akan berikan kepada sobat TeknoNi melalui link berikut:

Download Software Resetter Printer Epson L350

Jika sudah didownload, lalu ekstrak file di dalamnya. Selanjutnya, perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Bukalah file ‘Adjprog’ kemudian akan ada software Epson Adjustment Program. Selanjutnya langsung saja pilih Particular Adjustment mode.
  • Setelah itu, pilihlah model printer yang digunakan di bagian Model Name. Sementara di bagian Port pilihlah port komputer yang telah terhubung ke printer. Bisa juga dengan cara memilih Auto selection sehingga software dapat mendeteksi secara otomatis. Lalu pilih OK.
  • Selanjutnya akan terlihat dialog baru di bagian Maintenance, lalu pilihlah Waste ink pad counter, klik OK.
  • Terakhir, ceklis di bagian Main pad counter, lalu klik Check. Jika terlihat dialog, bisa pilih OK.
  • Umumnya, sesudah klik Check, ceklis di Main pad counter hilang, sehingga perlu ceklis kembali lalu pilih Initialization. Proses reset pun akan berjalan. Jika telah selesai, maka akan terlihat dialog perintah untuk restart printer. Pilih OK dan Finish.
Baca juga:  Driver Printer HP Deskjet GT 5810

Langkah Akhir Reset Printer Epson L350

Langkah-langkah untuk melakukan reset otomatis menggunakan software resetter sudah selesai. Selanjutnya resetter dikeluarkan, lalu lakukan restart pada printer dengan mematikan printer terlebih dahulu.

Kemudian menghidupkannya lagi, Jika berhasil, maka printer akan normal lagi, lampu indikator sudah tidak lagi berkedip. Untuk memastikan sudah berhasil atau belum, langsung saja cek untuk melakukan printing.

Perlu diketahui bahwa software ini dapat digunakan untuk lebih dari lima seri printer. Namun demikian, harus tetap memastikan kembali resetter yang cocok digunakan untuk printer yang bermasalah, sehingga langsung berhasil ketika melakukan reset.

Demikianlah cara mereset printer epson L350 dengan resetter maupun tanpa resetter atau secara manual. Jika sudah melakukan kedua cara ini tidak juga berhasil, maka alangkah baiknya untuk membawa ke jasa reparasi printer sehingga masalahnya tidak semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *