Belajar Fotografi Kamera HP

Ini Dia! 8 Teknik Belajar Fotografi Kamera HP

Sobat TeknoNI memiliki hobi memotret? Jangan khawatir masalah budget dari kamera DSLR yang sangat besar. Sebagai alternatif Sobat TeknoNI bisa belajar fotografi kamera HP jika cermat dalam menggunakannya.

Belajar Fotografi Kamera HP

Belajar fotografi kamera HP itu sebenarnya sangat mudah apabila Sobat TeknoNI mau bersungguh-sungguh dan berani. Sobat TeknoNI harus percaya diri untuk melakukan eksplorasi pada HP maupun objek yang akan kalian foto.

Ada banyak elemen yang bisa Sobat TeknoNI pelajari mulai dari teknik, komposisi, angel, pencahayaan, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya simaklah artikel di bawah ini dengan mendalam dan cermat!

Kenali Kemampuan Handphone Sobat TeknoNI Melalui Fitur Setting

Ketika Sobat TeknoNI membeli sebuah handphone tentunya Sobat TeknoNI harus lebih dahulu mengenali bagaimana spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan kemampuan handphone Sobat TeknoNI. Bagi Sobat TeknoNI yang memang benar-benar memiliki niat yang sungguh untuk mendalami dunia fotografi sebaiknya membeli handphone yang memiliki fitur kamera yang sangat bagus untuk menunjang hobi dan aktivitas.

Semakin besar tingkat pixel, maka akan semakin bagus pula foto yang akan dihasilkan.

Kemudian pelajari fitur setting pada kamera handphone Sobat TeknoNI. Jangan pernah takut untuk mencoba menjelajahi atau mengeksplor fitur pada HP. Sobat TeknoNI tidak akan tau sebelum Sobat TeknoNI mencoba bukan?

Manfaatkan fitur yang ada pada settings seperti mode HDR, image stabilization, efek foto, potrait mode, panorama mode, atau burst mode. Setelah Sobat TeknoNI mencoba menjelajahi maka wawasan Sobat TeknoNI akan bertambah dan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak asal dalam memakai segala fitur yang ada di dalamnya.

Baca juga:  Perkembangan Kamera dari Waktu ke Waktu

Pelajarilah Dasar-dasar dalam Komposisi Foto

Bagi Sobat TeknoNI yang belum mengetahui mengenai komposisi foto, komposisi foto merupakan susunan gambar yang ada pada batasan ruang. Tujuan dari mempelajari dan mengenali teknik dasar komposisi foto ini adalah agar dalam foto Sobat TeknoNI memiliki sebuah keseimbangan objek sehingga sedap dilihat. Jika sudah tersusun dengan seimbang maka mood foto akan terbangun dengan mudah.

Elemen-elemen dalam gambar yang harus dipelajari meliputi bentuk, garis, gelap terang dan warna. Dengan adanya pertimbangan komposisi ini juga akan bisa menambahkan makna dalam sebuah karya foto Sobat TeknoNI, jadi kesannya tidak asal-asalan dan tidak memiliki arti sama sekali.

Selain itu juga Sobat TeknoNI harus memperhatikan komposisi dari golden ratio, rule of thirds, pattern, spiral dan masih banyak lagi lainnya. Jangan lupa untuk selalu mencocokkan objek dengan background di belakangnya apakah sudah simetris dan kontras atau belum.

Ketika Belajar Fotografi Kamera HP Perhatikan Exposure dan Lighting

Mungkin Sobat TeknoNI masih asing bukan dengan kata exposure dan lighting? Exposure merupakan seberapa banyak intensitas cahaya yang masuk pada gambar. Atau lebih sederhananya adalah seberapa banyak cahaya masuk dalam gambar, apakah terang atau gelap. Kemudian untuk lighting sendiri adalah seberapa banyak cahaya yang ada pada tempat yang akan difoto entah sebagai background atau objek.

Sifat exposure dan lighting ini sangat penting karena dengan ada kedua komponen ini akan mempengaruhi seberapa bagus foto yang akan Sobat TeknoNI hasilkan. Foto yang baik adalah foto yang mendapatkan cahaya alami secara cukup. Tidak berlebihan sehingga akan membuat cahaya menjadi silau atau pecah ataupun tidak kekurangan cahaya.

Tips penting untuk Sobat TeknoNI adalah sebaiknya lakukan foto ketika sore hari sehingga akan mendapatkan cahaya yang bisa dikatakan pas. Jangan di siang hari karena Sobat TeknoNI akan terpapar cahaya matahari dan akan membuat kulit menjadi kusam dan gosong. Atau jika di dalam ruangan sebaiknya cari ruangan dengan pencahayaan lampu yang cukup juga.

Baca juga:  Tips Membeli Kamera DSLR Bekas: Jangan Sampai Tertipu

Pilih Momen Penting dan Menarik untuk Melakukan Sesi Foto

Penting bagi Sobat TeknoNI untuk mencari momen foto dengan situasi yang penting dan menarik karena dengan ini, foto tersebut akan lebih berarti dan tentunya dengan foto saja bisa bercerita mengenai keadaan saat itu juga. Maka dari itu Sobat TeknoNI harus cerdas dan teliti dalam memilih momen. Jangan asal memfoto jika ingin hasil foto Sobat TeknoNI lebih berarti.

Contoh sederhananya adalah ketika ada momen live music sebaiknya Sobat TeknoNI membuat setting mode HDR atau mode panorama pada handphone sehingga hasilnya akan lebih fokus kepada objeknya yaitu si penyanyinya. Tips untuk Sobat TeknoNI yaitu gunakanlah efek bokeh dan mode macro akan hasilnya lebih fokus, detail dan tentunya menarik untuk dilihat.

Sobat TeknoNI Bisa Menggunakan Fitur Burst Mode untuk Mendapatkan Foto yang Apik

Kunci dari memotret foto adalah terletak pada keyakinannya. Sobat TeknoNI harus yakin terhadap objek dan proses foto kalian. Maka dari itu kalian juga harus berani menggunakan burst mode untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Memang beberapa HP ada yang menyediakan fitur burts mode atau tidak. Akan tetapi tenang saja, saat ini telah banyak sekali handphone yang menyediakan fitur burst mode. Kelebihan dari fitur ini adalah Sobat TeknoNI dapat memilih mana foto yang paling sesuai dan sempurna menurut selera kalian di antara sekian banyak foto yang telah diambil sehingga akan tersedia lebih banyak pilihan. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Gunakan Teknik Angel dalam Memotret

Angel ini memiliki pengaruh yang sangat penting. Dengan menggunakan angel atau sudut pandang foto dengan HP, maka Sobat TeknoNI akan mendapatkan hasil foto yang unik sekaligus menarik. Ada berbagai jenis angel yang dapat kalian coba.

Baca juga:  Inilah Rekomendasi 7 CCTV Rumah Kualitas Terbaik Harga Murah

Ingat! Jangan pernah takut dan ragu dalam bereksperimen. Kalian bisa mencoba berbagai angel seperti tiarap di atas tanah, dari dataran yang tinggi / tempat ketinggian atau sudut datar. Masing-masing pengambilan gambar dengan sudut akan menghasilkan perspektif yang berbeda tentunya.

Jangan Memfoto Objek yang Sedang Bergerak

Seperti yang kita ketahui bahwa kamera HP dan DSLR itu berbeda dari segi fitur dan kualitas. Kebanyakan HP tidak bisa melakukan pembekuan objek seperti kamera DSLR yang mana dapat membidik objek yang bergerak cepat sekali pun. Apabila Sobat TeknoNI tetap ngotot mencobanya maka hasil yang akan didapat adalah gambar blur.

Baca juga: Tips Membeli Kamera DSLR Bekas: Jangan Sampai Tertipu

Sebaiknya Sobat TeknoNI menangkap objek yang diam untuk mendapatkan hasil yang bagus dan jelas. Beda lagi jika kalian memang berniat ingin mengambil foto yang hasilnya ngeblur. Mungkin akan lebih estetik.

Jangan Gunakan Filter! Lebih Baik Gunakan Edit Foto

Bagi Sobat TeknoNI yang tidak terlalu memperhatikannya, fitur filter pada HP itu sebenarnya akan menghilangkan beberapa titik fokus pada hasil jepretan. Maka dari itu sebaiknya dalam proses memotret gunakan warna alami atau warna original saja untuk mendapatkan hasil yang lebih HD dan jernih serta fokus tentunya. Nah, apabila kalian ingin menggunakan warna baru gunakan fitur edit foto pada HP.

Saat ini banyak sekali aplikasi edit foto yang ada di Playstore atau Appstore, sehingga Sobat TeknoNI tidak usah khawatir akan hal ini. Edit dengan menerapkan unsur secukupnya dan jangan berlebihan.

Demikian penjelasan mengenai belajar fotografi kamera HP di atas yang sobat TeknoNI dapat terapkan. Menggunakan fotografi sebagai hobi sekaligus mampu menghasilkan hanya dengan kamera HP, mengapa tidak? Semoga dapat membantu sobat TeknoNI sekalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *