Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas: Jangan Sampai Tertipu

Kamera DSLR adalah salah satu kamera yang memiliki kualitas gambar yang baik. Namun, harganya cukup mahal sehingga memilih yang bekas bisa jadi solusi yang tepat. Tapi, sebelum beli coba cek terlebih dahulu tips membeli kamera DSLR bekas.

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Kali ini kita akan membahas secara tuntas mengenai tips membeli kamera DSLR bekas agar kamu bisa mendapatkan yang paling berkualitas. Ini dia beberapa tips-nya:

Cek Fisik Pastikan Tidak ada Kerusakan atau Kehilangan

Tips membeli kamera bekas yang pertama adalah kamu harus mengecek terlebih dahulu fisik luarnya. Pastikan pada fisik kamera tersebut tidak ada yang lecet atau luka. Kamera harus mulus karena itu akan mempengaruhi estetika dan juga percaya diri kamu saat menggunakannya.

Cek juga apakah ada bagian dari kamera ada yang hilang. Salah satu yang sering terjadi adalah tutup lensanya yang hilang. Pastikan tutup lensanya masih ada dan bisa digunakan sesuai dengan lensa yang ada.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memastikan bahwa kamera dalam keadaan yang bersih. Jika saat dijual saja sudah dalam keadaan yang kotor maka bisa dipastikan bahwa pemilik sebelumnya tidak merawat kamera dengan baik.

Baca juga:  Perkembangan Kamera dari Waktu ke Waktu

Coba untuk Memotret Pastikan Tidak Ada Dead Pixel atau Debu pada Sensor

Kemudian, kamu harus cek kamera ini masih bagus dan bisa digunakan dengan baik atau tidak. Cara cek kamera DSLR bekas ini yaitu dengan menggunakannya untuk memotret suatu objek. kamu harus mengecek bahwa tidak ada dead pixel atau debu pada sensornya.

Untuk memastikan bahwa kamera ini tidak mengalami dead pixel, kamu bisa memotret sembarang objek. Ketika gambar yang dihasilkan memiliki warna yang gelap atau menghilang itu bisa dipastikan mengalam dead pixel.

Kemudian, untuk mengecek debu pada sensor bisa dengan memotret objek yang cerah seperti langit. Setelah itu coba lihat hasil gambarnya apakah objek terlihat ada nodanya atau tidak. Jika buram maka bisa dipastikan bahwa sensornya berdebu.

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas: Periksalah Jumlah Shutter yang Telah Digunakan

Lalu, tips berikutnya adalah dengan mengecek jumlah shutter yang telah digunakan. Untuk cara cek kamera DSLR second melalui shutter ini adalah dengan memotretnya pada suatu objek dan mengunggahnya di http://exif.regex.info/exif.cgi.

 Cek Shutter Count
Cek Shutter Count

Upload foto yang akan di cek shutter count, kemudian web akan memproses data, untuk cari shutter count secara cepat gunakan ctrl+f. Setelah itu sistem akan mempelajari foto tersebut memiliki jumlah shutter yang banyak atau sedikit. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri.

Pastikan Kamera Sesuai dengan Lensa yang kamu Punya Salah Satu Tips Membeli Kamera DSLR Second yang perlu diperhatikan

Lensa Kamera

Tips beli kamera DSLR bekas yang berikutnya adalah pastikan kamera yang kamu beli sesuai dengan lensa yang kamu miliki. Ya, kamera memiliki tipenya sendiri-sendiri, ada yang bisa menampung lensa yang besar ada juga yang hanya mampu menampung lensa yang berdiameter kecil. Untuk itu, sesuaikan dengan punya kamu ya…

Baca juga:  5 Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Pastikan Baterai Kamera Masih Prima dan Slot Kartu Memori Masih Berfungsi dengan Baik

Tips membeli kamera DSLR second adalah pastikan bahwa baterai kamera masih prima dan slot kartu memori masih berfungsi dengan baik. Kamu bisa menggunakan kamera itu terlebih dahulu, kemudian lihat apakah baterainya awet atau malah cepat habis dan mati.

Itu dia beberapa tips membeli kamera DSLR bekas yang dapat kamu lakukan. Walaupun bekas, sebaiknya pilih yang kualitasnya terbaik seperti cara di atas. Sebaiknya beli secara offline agar kamu bisa menilainya sendiri dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *