Twibbon Hari Konvensi CITES Perdagangan Satwa Liar

Twibbon Hari Konvensi CITES: Perdagangan Satwa Liar

TEKNONI.COM – Hallo sobat teknoni yang kece-kece, tahukah Hari Konvensi CITES setiap tahunnya diperingati pada tanggal 5 Maret. CITES menetapkan perjanjian global yang fokus terhadap perlindungan spesies serta satwa liar dalam sistem perdagangan internasional. Sedangkan pemerintah Indonesia sudah mengesahkan secara langsung dalam Keputusan Presiden No. 43 tahun 1978 sejak 15 Desember 1978. Yuk simak penjelasannya serta mari meramaikan di media sosial dengan twibbon hari konvensi CITES ya!

CITES berada di naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ditunjuk sebagai pihak yang mengelola sepenuhnya. Sedangkat bidang otoritas keilmuannya diserahkan kepada LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Untuk memberikan penjelasan lebih mengenai hari Konversi CITES atau Hari Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar, berikut ini ulasan lengkapnya.

Pengertian dan Perkembangan CITES

Menurut penjelasan, CITES (Convention on International Trades on Endangered Species of Wild Flora and Fauna) merupakan salah satu perjanjian internasional yang dijalankan antar negara berdasarkan resolusi sidang yang diselenggarakan oleh semua anggota The World Conservation Union atau IUCN. Setidaknya ada 80 negara yang sudah menyepakati perjanjian ini sejak adanya pertemuan yang diselenggarakan di Amerika Serikat di tahun 1973 namun mulai diberlakukan sepenuhnya pada tahun 1975.

CITES sendiri menjadi salah satu perjanjian global yang mengatur dan fokus untuk melindungi spesies tumbuhan dan satwa liar dari adanya aksi perdagangan internasional. Tujuannya adalah melindungi agar tumbuhan dan satwa tersebut tidak punah.

Sistem perdagangan internasional yang melibatkan tumbuhan dan satwa tentu saja jika dilaksanakan secara terus-menerus akan memberikan efek kepunahan. Dengan adanya perjanjian internasional tersebut setiap negara akan semakin menjaga kelestarian satwa dan tumbuhan liar agar tetap tumbuh di habitat aslinya.

Transaksi perdagangan flora dan fauna sampai tahun 2015 persentasenya semakin melonjak tajam. Setidaknya sampai akhir tahun 2015 ada sekitar1.299.289 transaksi perdagangan. Sejak adanya perjanjian ini, satu tahun berikutnya pergerakan penjualan di pasaran sudah mulai turun.

Apa yang terjadi di lapangan menunjukkan jika masyarakat dunia harus lebih sadar jika sistem perdagangan flora dan fauna tersebut jika diteruskan dalam mengakibatkan dampak negatif. Masyarakat Indonesia juga harus cerdas dalam menyikapi resiko yang akan terjadi kedepannya.

Sampai saat ini setidaknya dalam catatan CITES ada sekitar 37.000 spesies masuk catatan flora dan fauna yang harus dilindungi. Jika tidak bisa jadi lama kelamaan spesies tersebut akan berangsur punah karena selalu diperdagangkan. Tentu perjanjian ini memberikan dampak bagus terhadap pertumbuhan hewan dan tumbuhan yang masuk kategori punah.

Twibbon Hari Konvensi CITES

Seiring berjalannya perjanjian internasional CITES, peran yang sangat besar mampu ditunjukan perjanjian konservasi ini. Sehingga sampai saat ini ada sekitar 184 negara ikut ambil bagian. Tujuan paling utama yang tertuang pada perjanjian ini adalah memberikan wawasan yang luas kepada semua negara anggota jika perdagangan flora dan fauna secara internasional memang sangat merugikan negara.

Baca juga:  Twibbon Hari Rotary Club, Peringatan Hari Kemanusiaan 23 Februari

CITES memegang peranan penting dalam perdagangan flora dan fauna. Sehingga sejumlah kasus penyelundupan hewan dan tumbuhan pun kini sudah semakin cepat terungkap. Banyak hewan dan tumbuhan berhasil diselamatkan dari kepunahan.

Nah sobat teknoni, untuk turut serta meramaikan peringatan hari konvensi CITES atau Hari Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar di tanggal 5 maret ini, kami mengajak sobat untuk memasang foto kece menggunakan twibbon hari konvensi CITES.

Berikut desain twibbon hari konvensi CITES yang dapat sobat teknoni gunakan dan diupload ke media sosial masing-masing. Sobat dapat gunakan sebagai foto profil, story FB atau IG atau diupload di tiktok gitu.

Itulah tadi penjelasan hari konvensi CITES atau Hari Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar di tanggal 5 maret ini, semoga dengan turut serta meramaikan peringatannya melalui twibbon hari konvensi CITES atau Hari Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar kita semua semakin peduli ya sobat teknoni.

Follow Berita Teknoni di Google News