Twibbon Peringatan Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi 2023

5+ Twibbon Peringatan Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi 2023

Teknoni – Tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 5 Februari merupakan hari peringatan peristiwa yang penting. Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provincien) merupakan dengan peristiwa yang cukup penting untuk dikenang. Yuk kita bahas bersama sejarahnya agar kamu bisa tambah ilmu.

Sejarah Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Dimulai pada 5 Februari 1933 terjadi pemberontakan oleh ABK asal Indonesia terhadap kapal milik kolonial Belanda: De Zeven Provincien. Aksi ini terjadi di perairan Sumatra, disaat kapal berlayar menuju Surabaya.

Pemberontakan ini bermula setelah Hindia-Belanda mengalami krisis “malaise” pada tahun 1930. Karena adanya hal itu, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan Koninklijk Besluit Nomor 51 yang berisi pemangkasan gaji dan tunjangan seluruh pegawainya.

Potongan gaji dan tunjangan ini dialokasikan kepada Bumi Putera sebesar 17% dan untuk Belanda 14%. Data ini diperoleh dari cuplikan buku Citra dan Perjuangan Perintis Kemerdakaan (1984). Mendengar berita ini, para pekerja akhirnya melakukan aksi mogok kerja.

Mendengar aksi mogok para pekerja di Surabaya, para pelaut di Kapal Tujuh akhirnya melakukan pemberontakan. Diantaranya adalah Paradja, Romambi, Gosal, dan Kawilarang memulai pemberontakan pada pukul 22.00. Akhirnya pada dini hari kapal kebanggaan Belanda berhasil direbut dan siap berlayar ke Surabaya.

Namun kapal rebutan ini mendapatkan serangan ketika perjalanan ke Surabaya. Penyerangan ini dilakukan oleh pemerintahan Hindia-Belanda dengan tujuan untuk merebut kapal ini kembali. Pemimpin dari penyerangan ini adalah Menteri Urusan Jajahan Belanda, Hendrikus Colijn, kapal yang digunakan adalah Aldebaren.

Hal untuk memperingati Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Untuk diketahui oleh sobat teknoni, karena ukuran kapal Aldebaren yang kecil, serangannya terhadap kapal Tujuh Provinsi tidak membuahkan hasil. Kapal Tujuh Provinsi yang dikendalikan oleh para ABK Indonesia pun tetap berlayar menuju Surabaya. Coljin berkali-kali mengatakan tentang peringatan keras, namun hal itu hanyalah sebuah angin lalu, hingga membuat pemerintah Hindia-Belanda naik darah.

Setelah kapal sampai di Selat Sunda, Tujuh Provinsi kembali di hadang. Kali ini Belanda sudah tidak main-main lagi. Tidak tanggung-tanggung, 7 kapal pun dikirim untuk mengepung Kapal Tujuh Provinsi.

Kapal tersebut diantaranya adalah Java, Piet Hien, Eversen, dan dua kapal baru bernama Gouden Leeuw. Selain 7 kapal itu, masih ada beberapa pesawat yang melemparkan bom yaitu jenis Dornier.

Sayangnya, Kapal Tujuh Provinsi akhirnya kalah telak karena terkena bom dari udara. Semua pemberontak yang berada dalam kapal pun tidak selamat. Namun Kawilarang yang saat itu menjadi nakhoda bisa selamat dari serangan, namun pada akhirnya tetap tertangkap oleh tantara Belanda.

Peristiwa pemberontakan Kapal Tujuh Provinsi pun berakhir. Sejak saat itu, setiap tanggal 5 Februari, diperingati lah sebagai Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi.

Baca juga:  Cara Mudah dan Cepat Membuat Twibbon Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Twibbon Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Peristiwa ini termasuk peristiwa yang bersejarah. Apa yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari peristiwa Kapal Tujuh Provinsi ini? Siapkan foto terbaik kamu, dan pasang foto kamu ke twibbon-twibbon yang bisa kamu dapatkan di internet.

Twibbon Peringatan Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi 2023 (1)

Berikut link design twibbon Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi untuk sobat teknoni gunakan guna meramaikan hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi.

  1. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 1 dapat sobat unduh melalui link ini Download
  2. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 2 dapat sobat unduh melalui link ini Download
  3. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 3 dapat sobat unduh melalui link ini Download
  4. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 4 dapat sobat unduh melalui link ini Download
  5. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 5 dapat sobat unduh melalui link ini Download
  6. Desain Twibbon (Zeven Provincien) dari GML-Tech Tipe 6 dapat sobat unduh melalui link ini Download

Meskipun hanya mendeklarasikan melalui twibbon, namun kamu sudah menunjukkan bahwa kamu adalah pemuda yang menghargai jasa para pahlawan. Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Sampai jumpa.

Follow Berita Teknoni di Google News