Inilah Niat Puasa Idul Fitri Yang Harus Kamu Ketahui

Bukan hanya saat ramadhan saja kita berpuasa. Tetapi ada pula puasa idul fitri yang biasanya ditunaikan. Tentunya kamu harus paham terkait niat puasa idul fitri jika memang berkeinginan menjalankannya. Hukum dari puasa syawal itu adalah makruh.
Namun ada pula berpendapat jika hukumnya sunnah. Terlepas dari hal itu semua tentu saja buat kamu yang berkeinginan menjalankan puasa ini harus menghafal bacaan niat puasa.

Setelah merayakan hari raya idul fitri sebagai momen paling membahagiakan berkumpul bersama denga keluarga. Ada juga di antara kamu berkeinginan melaksanakan puasa syawal. Memang puasa ini terbilang sunnah. Namun ada pula yang memilih menjalankannya. Semua itu tentu saja tergantung pada pribadi setiap individu.

Niat puasa idul fitri

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta’aalaa
Artinya: Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta’ala.

Setelah mengetahui niat puasa idul fitri ini tentunya kamu pun berkeinginan melaksanakan puasa tersebut. Mengapa harus merasa ragu jika memang kamu bisa menjalankannya untuk meraih pahala.

Jadwal Pelaksanaan Puasa Syawal

Ketika kamu sudah mengetahui niat puasa idul fitri. Kamu pun kini harus paham betul terkait kapankah bisa memulai melaksanakan puasanya. Tentunya puasa syawal ini bisa kamu mulai semenjak hari yang kedua dari hari raya idul fitri tepatnya dimulai tanggal 2 syawal.

Puasa idul fitri memang perlu dilakukan secepat mungkin oleh setiap muslim yang terbilang mampu. Bagi wanita alangkah baiknya menyelesaikan terlebih dahulu hutang puasanya baru kemudian melaksanakan puasa syawal ini.

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Uang di Bulan Ramadhan

Selain itu umat muslim sebetulnya tidak harus melakukan puasa selama 6 hari berturut-turut secara langsung. Namun puasa syawal ini bisa kamu laksanakan secara terpisah asalkan masih berada dalam bulan syawal. Semuanya tergantung pada kondisinya setiap orang.

Semoga saja kamu bisa menjalankan puasa syawal ini selama hari berturut-turut. Hingga pahala saat berpuasa pun mampu didapatkan. Setelah mengetahui penjelasan mengenai niat berpuasa idul fitri, kini banyak umat muslim mulai tertarik menjalankannya. Kamu bisa memilih apakah akan melaksanakan puasa selama 6 hari berturut-turut ataukah dengan hari yang terpisah.

Keutamaan menarik dari puasa idul fitri

Perlu kamu ketahui jika keutamaan puasa idul fitri ini terbilang istimewa sekali. Puasa tersebut memang dijalankan selama 6 hari lamanya pada bulan syawal. Hitungannya tentu saja sama halnya dengan berpuasa seperti setahun penuh.

Keutamaan puasa syawal pun sudah tertuang dalam sebuah hadist yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim, sebagai berikut.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

“Barang siapa yang berpuasa ramadhan
kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka
baginya (ganjaran) puasa selama setahu penuh”
(HR Muslim).

Dari sini umat muslim pun semakin mengerti tentang niat puasa idul fitri sekaligus informasi menarik lain mengenai puasa tersebut. Semoga saja informasi yang sudah tersedia tadi sangat membantu kamu yang merasa penasaran akan niatnya.