Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2022 NU

Walau bulan suci Ramadhan sudah dimulai, tarnyata banyak masyarakat yang penasaran kapan Hari Raya Idul Fitri 2022 NU.
Mengingat pada tahun 2022 ini organisasi Islam besar di Indonesia antara Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah berbeda satu hari dalam penentuan awal puasa atau tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriah.

Bagi kamu yang penasaran kapan tiba Hari Raya Idul Fitri 2022 NU, kamu bisa simak pembahasan ini sampai selesai.

Metode Menentukan Awal Puasa dan Lebaran 2022

Sebenarnya ada perbedaan dalam hal penentuan awal Ramadhan dan lebaran itu sudah umum terjadi. Tentu semua itu terjadi karena ada perbedaan dalam hal penentuan puasa dan lebaran. Metode yang digunakan untuk menentukan awal puasa dan lebaran adalah metode rukyat dan metode hisab.

1. Metode Hisab

Perhitungan hisab merupakan perhitungan yang dilakukan secara matematis dan astronomis. Metode ini digunakan untuk menentukan kapan pastinya dimulai bulan puasa dan penentuan hari raya Idul Fitri.

Metode hisab ini memanfaatkan perhitungan posisi bulan. Nantinya akan ditentukan dengan perhitungan yang teliti.

2. Metode Rukyat

Berbeda dengan metode rukyat yang menggunakan dasar keduanya dengan mengamati bulan sabit atau visibilitas hilal saat matahari terbenam. Biasanya pengamatan akan dilakukan ketika menjelang awal bulan Hijriah.

Dalam metode rukyat perhitungan akan dimulai ketika sudah melihat hilal dengan ketinggian minimal 1 derajat. Kemudian ditambah jarak sudut bulan dan matahari 3 derajat serta umur minimal 8 jam ijtimak.

3. Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2022

Lantas, kapan Hari Raya Idul Fitri 2022 NU? Kalau menurut kalender nasional, Hari Raya Idul Fitri 2022 tepat tanggal 2 Mei 2022. Hasil ini bersumber dari perhitungan cermat dan keputusan yang sudah dilakukan. Namun semua itu akan dipastikan dengan melakukan pengamatan hilal.

Baca juga:  Graphic Design Vector Twibbon Hari Raya Idul Fitri

Apabila di awal perhitungan awal puasa yang berbeda antara NU dan Muhammadiyah. Apakah perhitungan Hari Raya Idul Fitri juga berbeda? Kalau melihat dari hasil perhitungan keduanya, kedua organisasi Islam di Indonesia ini cenderung hasilnya sama.

Jadi seluruh umat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 Mei 2022. Tentunya informasi ini menjadi kabar baik bagi umat Islam di Indonesia. perayaan akan lebih meriah karena seluruh umat Islam di Indonesia merayakan Idul Fitri di hari yang sama.

Pihak pemerintah juga sudah menentapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Selain itu pemerintah juga sudah menetapkan libur cuti bersama mulai dari tanggal 29 April dan 4-6 Mei 2022. Sehingga bisa dimanfaatkan umat muslim di seluruh Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai Hari Raya Idul Fitri 2022 NU. Apabila tidak ada perubahan setelah pengamatan hilal maka Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 Mei.