Ramadan Mubarak Artinya

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang penuh berkah karena segala amal dan ibadah pahalanya dilipatgandakan. Pada bulan ini semua umat muslim akan berlomba-lomba dalam hal kebaikan demi meningkatkan iman dan takwa. Dalam suasana kegembiraan ini banyak ucapan yang disampaikan kepada setiap umat muslim yaitu ramadan mubarak. Lantas, ramadan mubarak artinya apa?

Dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan banyak berbagai ucapan yang disampaikan kepada keluarga, dan teman. Ucapaan ramadan mubarak semakin senter saat masuk bulan Ramadhan. Tentunya semua itu tidak hanya sekedar ucapan saja, namun mengandung doa dan harapan.

Makna Ramadan Mubarak

Sebagai umat Islam apakah kamu sudah tahu ramadan mubarak artinya apa? Selain itu bagaimana penggunaannya? Bagi kamu yang belum tahu bisa simak pembahasan ini sampai selesai.

1. Arti Ramadan Mubarak

Bagi kamu yang belum tahu, ramadan mubarak adalah ramadan yang diberkahi. Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang diberkahi oleh Allah karena seluruh umat Islam melaksanakan puasa. Di bulan Ramadhan ini pintu neraka ditutup serapat-rapatnya dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya.

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang penuh kemuliaan karena pada bulan ini Al-Quran diturunkan. Al-Quran menjadi petunjuk dan pedoman hidup umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk memohon ampun dan bertobat kepada Allah.

Sehingga ucapan Ramadan Mubarak ini menjadi sebuah doa dan harapan bagi yang menjalankan ibadah puasa mendapatkan keberkahan dari Allah.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Ahmat “Telah datang bulan Ramadhan, bulan mubarak. Allah telah mewajibkan steiap kalian untuk berpuasa. Pitu surga dibuka, dan pintu neraka ditutup. Setan-setan telah dibelenggu. Pada bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Bagi yang terhalangi dari kebaikan, sungguh dia akan terhalangi”

Baca juga:  Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2022 NU

2. Ucapan selamat Ramadan lainnya

Selain mengucapkan ramadan mubarak, umat muslim juga sering mengucapkan “Ramadan Kareem” atau “Marhaban ya Ramadan”. Ramadan Kareem berarti Ramadhan yang pemurah atau murah hati.

Semua kalimat tersebut sebenarnya digunakan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Sebagai salah satu bulan yang sangat dinanti-nantikan dengan perasaan senang dan lapang dada. Jadi bagi kamu yang masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan suci Ramadhan, jangan sampai disia-siakan.

3. Ucapan menyambut bulan Ramadhan

Tak lengkap rasanya kalau belum mengucapkan doa dan kirim kalimat untuk menyambut bulan Ramadhan. Kamu bisa menuliskan ucapan seperti berikut:

  • Ramadhan mubarak, semoga Allah senantiasa mengampuni segala dosa dan berkah kepadamu.
  • Ramadhan mubarak, semoga Allah melimpahkan berkah kepada kita semua.

Demikianlah penjelasan mengenai ramadan mubarak artinya apa dan memahami maknanya. Semoga doa dan harapan yang dipanjatkan di bulan Ramadhan menjadi berkah dan lapang dada dalam menjalani ibadah di bulan suci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.