Kamu Perlu Mengetahui Arti Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dinantikan seluruh umat muslim di dunia. Datangnya bulan Ramadhan adalah berkah bagi umat islam. Tapi apa kamu sudah tahu apa arti marhaban ya ramadhan yang sering diucapkan kebanyakan orang?

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Bulan Ramdhan pada tahun 1443 hijrah ini membawa angin segar ditengah masyrakat yang masih dilanda pandemi covid-19. Ramadhan adalah bulan untuk kamu bisa meraih pahala yang berlimpah.

Masuk dalam euforianya tentunya banyak banner, kartu ucapan bahkan kamu sendiri mengucapkan kepada sanak saudara dan teman dengan kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Kalau kamu belum tahu artinya, jangan penasaran saja, simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Arti Menurut KBBI

Meskipun Marhaban Ya Ramadhan berasal dari bahasa arab, tapi kata Marhaban sudah diserap menjadi bahasa Indonesia. Standar umum kata baku di Indonesaia dalah KBBI,singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut KBBI arti kata Marhaban adalah merupakan jenis kata seru yang bermakna menghormati dan menyambut tamu. Dengan kata lain arti Marhaban adalah selamat datang. Arti lainnya adalah lagu-lagu islami yang dinyanyikan pada saat maulid Nabi SAW.

Bagaimana sudah tahu kan? Lalu bagaimana jika ditinjau dari bahasa aslinya? Silakan baca penjelasan selanjutnya.

Baca juga: Ayo Jualan Makanan Paling Laris di Bulan Ramadhan

2. Terjemahan dari bahasa Arab.

Berikutnya arti Marhaban Ya Ramadhan bila diterjamahkan dari bahasa arab dari per katanya. Marhaban berasal dari kata yang merujuk pada kata bahasa Arab Rehab yang artinya lebar atau luas.

Sedangkan Ramadhan merujuk pada bulan ke sembilan pada tahun Hijriah. Kembali pada kata Raheb yang biasa diucapkan untuk menyambut dan menghormati tamu. Kata ini juga berarti tempat untuk musafir mam pir mempebaiki bekal perjalanannya.

Bila digabung arti Marhaban Ya Ramadhan adalah Selamat Datang Ramadhan, kami menyambutmu dengan gembira dan kelapangan dada. Indah bukan maknanya? Ini bisa mejadi muhasabah untuk kita selama menjalani ibadah puasa.

3. Ada Ucapan Lain Unttuk Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan

Kamu bisa mengucapkan Ramadhan Kareem yang artinya adalah Ramadhan yang dengan murah hati, artinya juga baik, dan untuk membalasnya bisa mengucapkan Allahu Akram, maknanya adalah bahwa ALLAH SWT jauh lebih bermurah hati.

Kalaupun kamu ingin mengucapkan keduanyapun tidak apa-apa. Bisa juga mengucpakannya dengan bahasa inggris. Kamu bisa menggabungkan frase Happy Ramadhan yang dalam bahasa arab disebut Ramadhan Mubarak.

Baca juga:  Rekomendasi Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Bagaimana tinggal pilih saja jika ingin mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan?

4. Rangkai Ucapan Marhaban Ya Ramadhan dengan Ucapan Minta Maaf

Kamu bisa juga menambahkan ucapan permohonan maaf saat menulis ataupun mengatakan Marhaban Ya Ramadhan. Tentunya sebagai manusia, kamu bisa saja membuat kesalahan pada orang lain, jadi alangkah baiknya jika menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan suci.

Sekarang kamu sudah tahu arti Marhaban Ya Ramadhan, jadi ketika mengucapkannya kamu bisa lebih sempurna secara lahir dan batin karena memang memahami maknanya. Selamat mencoba.